nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hanya Ditempel Stiker, Buah-buahan Bisa Awet Segar!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 13:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 12 298 1990194 hanya-ditempel-stiker-buah-buahan-bisa-awet-segar-BUkfc5dYfX.jpg Mengawetkan buah dengan stiker (Foto:Ist)

BUAH-BUAHAN merupakan salah satu makanan yang paling disukai oleh manusia. Selain rasanya manis, buah-buahan juga memberikan rasa segar bagi setiap orang yang mengonsumsinya.

Terdapat ribuan jenis buah-buahan yang tersebar di seluruh dunia. Setiap buah memiliki rasa dan bentuk yang unik. Meski demikian, buah pun memiliki kelemahan seperti cepat busuk atau rusak jika salah saat menyimpannya.

Tentunya sifat buah yang mudah rusak dan busuk membuat daya simpannya relatif singkat. Apalagi jika Anda menaruhnya dengan sembarangan. Namun, Sebuah perusahaan di Malaysia telah membuka rahasia tentang bagaimana cara mereka untuk membuat buah berumur lebih panjang.

 Iklan Blackpink Shopee Dikecam, Netizen Bikin 4 Meme "Blackpink Syar i" yang Bikin Ngakak!

Mereka mengatakan hanya menggunakan sebuah stiker sederhana untuk membuat aneka buah menjadi tahan lama. Perusahaan tersebut bernama Stixfresh. Mereka kabarnya telah mengembangkan stiker yang memungkinkan buah-buahan tetap segar meskipun disimpan selama lebih dari 14 hari.

 fresh fruit

Stiker tersebut dapat menjaga buah tetap terasa manis, dan tetap juicy. Stiker ini terbuat dari 100% bahan organik yang mudah diaplikasikan dan dapat digunakan pada banyak buah seperti apel, pir, alpukat, buah naga, kiwi, mangga, jeruk, dan buah jeruk lainnya.

Sebagaimana dilansir Next Shark, Rabu (12/12/2018), komponen utama pada stiker yang membuat makanan menjadi awet adalah natrium klorida dan lilin lebah. Kabarnya zat ini bisa mengurangi proses pematangan dengan menghilangkan Ethylene.

Ethylene adalah hormon pematangan yang ditemukan dalam buah-buahan. Proses ini mencegah jamur berkembang pada buah-buahan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Zhafri Zainudin selaku pemilik perusahaan stiker tersebut.

 Wanita Ini Pesan Kostum Natal Seksi di Online, yang Datang Malah Bikin Kesal

“Mungkin saya tidak dapat menghentikan alam, tetapi dapatkah saya memperlambatnya?” tutur Zainudin.

Zainudin membutuhkan waktu empat tahun untuk mengembangkan ide tersebut. Ia akhirnya mendirikan perusahaan dengan bantuan dari rekannya yang bernama Moody Soliman dan Steve Hulteng.

Setelah meraih kesuksesan di Malaysia, mereka mencoba mengembangkan sayap ke pasar Amerika Serikat (AS). Mereka juga berencana untuk membuat stiker yang berfungsi pada aneka sayuran dalam waktu dekat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini