Ternyata Saus Tomat Dulu Diperjual-belikan sebagai Obat

Hanizha Fatma, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 12 298 1990303 ternyata-saus-tomat-dulu-diperjual-belikan-sebagai-obat-nRdkfzIEXQ.jpg Saus tomat dulunya adalah obat (Foto:Ist)

SAUS tomat, siapa yang tidak pernah mendengar atau merasakan saus yang satu ini? Saus yang berbahan dasar dari tomat ini sudah ada sejak lama. Bahkan di pertengahan 1800-an, saus ini diperjual-belikan sebagai obat. Karena pada zaman dahulu bukan berbahan dasar tomat, melainkan jamur.

Di Asia, saus tomat sudah popular selama beberapa dekade. Sedangkan di Amerika baru mulai tahun 1834.

 Gaya Penjual Ikan Seksi Liu Pengpeng, Suka Nari dan Kedip-Kedip Manja

Seorang pria bernama Dr. John Cook Bennett membuat sebuah resep karena pernah membaca bahwa tomat bisa menjadi sebuah obat bagi penyakit tertentu. Bennett mengatakan bahwa resep miliknya bisa membantu menyembuhkan penyakit seperti diare, gangguan pencernaan, dan masalah pencernaan lainnya.

 

Bahkan, Bennett menaruh saus tomat racikannya ke dalam pil dan menjualnya sebagai obat. Banyak yang ikut memasarkan dan mendistribusikan pil saus tomat tersebut, seperti Archibald Miles.

Meskipun kredibilitas dari Bennett buruk, tetapi Miles membuat pil saus tomat buatan Bennett ini tetap popular. Terbukti karena resepnya banyak ditiru berbagai suplemen dan mengklaim bahwa produk mereka lebih unggul karena bisa menyembuhkan penyakit seperti kudis dan patah tulang.

 Iklan Blackpink Shopee Dikecam, Netizen Bikin 4 Meme "Blackpink Syar i" yang Bikin Ngakak!

Namun ternyata semuanya palsu karena obat tersebut tidak mengandung bahan tomat. Kejadian ini membuat saus tomat menjadi popular di Amerika Serikat. Tidak sebagai obat, melainkan berkat rasanya, orang-orang mulai menggunakannya sebagai bumbu dasar masakan.

Selain itu, biasanya juga dipakai untuk menambah variasi rasa dari nugget ayam, ataupun sandwich.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini