Susu Kecoa Jadi Minuman Masa Depan, Energinya 3 Kali Lebih Besar dari Kerbau

Risda Nadiva, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 12 298 1990382 susu-kecoa-jadi-minuman-masa-depan-energinya-3-kali-lebih-besar-dari-kerbau-bL0h0jx1Ut.jpg Susu Kecoa. (Foto: Riot Fest)

BELAKANGAN muncul pemberitaan tentang China yang kian gencar memanfaatkan kecoa sebagai salah satu produk kebutuhan gaya hidup. Mengejutkannya, kecoa tersebut bukan untuk dimakan melainkan dimanfaatkan susunya.

Mual dan geli? Tentu saja, apalagi membayangkan sensasi minum susu kecoa. Selama ini kita hanya tahu produk susu terbuat dari jenis hewani dan nabati. Nah, kali ini susu juga bisa berasal dari kecoa.

Melansir situs scmp, susu kecoa disebut-sebut sebagai salah satu superfood di masa mendatang, yang gizi dan proteinnya juga tidak kalah hebat dari susu biasanya. Apalagi, saat ini kebanyakan orang cenderung penasaran dengan kuliner ekstrem walaupun kesannya menjijikan.

Baca Juga: Iklan Blackpink Shopee Dikecam, Netizen Bikin 4 Meme "Blackpink Syar i" yang Bikin Ngakak!

Penelitian juga menunjukkan bahwa susu dari kecoa jenis diploptera punctata bermanfaat bagi manusia. Kecoa ini mengandung banyak kristal protein yang dihasilkan oleh induk untuk memenuhi gizi anak-anaknya dalam kantung induknya.

Memang, tidak sembarang kecoa bisa diambil susunya, haya Kecoa Kumbang Pasifik yang ditemukan di Hawaii tidak bertelur, tapi melahirkan. Ketika embrio tumbuh di dalam kecoa betina, dia menyediakan cairan berwarna kuning pucat yang terdiri atas gula, lemak, dan protein yang terletak pada kantong induk. Kecoa ini biasanya dipanen sekitar 40 hari, di mana kecoa itu akan menyusui anak-anaknya.

Penelitian juga berhasil membuktikan jika zat kristal yang terkandung pada susu kecoa adalah salah satu zat paling bergizi dan kaya akan kalori. Seorang ahli biokimia asal India Subramanian Ramaswamy mengungkapkan, rasa susu kecoa tidaklah sebagai sesuatu yang istimewa.

Namun, untuk gizinya perlu diketahui jika kristal-kristal pada susu kecoa tiga kali mengandung lebih banyak energi dibanding susu kerbau.

Baca Juga: Wanita Ini Pesan Kostum Natal Seksi di Online, yang Datang Malah Bikin Kesal

Menurut sejumlah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Union of Crystallography, susu kecoa mengandung nutrisi yang terdapat pada susu biasanya, seperti asam amino esensial, tapi yang lebih baik. Kelebihannya, susu kecoa kaya akan zat lipid yang tidak diproduksi oleh tubuh. “Ini makanan lengkap,” kata Ramaswamy.

Selain itu, diketahui jika anak kecoa sangat bergantung dengan kristal susu untuk tumbuh besar dengan kecepatan luar biasa.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini