nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menperin Airlangga: Produksi Makanan-Minuman Indonesia Semakin Canggih dan Berkualitas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 17:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 12 298 1990388 menperin-airlangga-produksi-makanan-minuman-indonesia-semakin-canggih-dan-berkualitas-4buMoDkEmo.JPG Menperin Airlangga sebut produksi makanan di Indonesia semakin berkualitas (Foto: Dimas/Okezone)

Sebagai negara tropis, Indonesia menjadi salah satu penghasil buah-buahan eksotis yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi produk berkulitas. Misalnya produk olahan buah kalengan, minuman sari buah, manisan buah, selai dan lain-lain.

Terlebih lagi, konsumsi olahan buah masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Oleh karena itu, pemerintah maupun para pelaku bisnis usaha memiliki peluang besar untuk meningkatkan daya beli masyarakat seiring dengan meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat dan meningkatnya penghasilan mereka.

Indonesia juga dikenal sebagai eksportir utama produk olahan buah di dunia terutama nanas dalam kaleng. Menurut pemaparan Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto, dengan diterapkannya program Revolusi Industri Keempat (4.0), sektor makanan dan minuman Indonesia diharapkan semakin berkembang hingga menjadi pemain utama di kancah internasional.

"Oleh karenanya, fokus produk pada 3-5 tahun ke depan salah satunya adalah olahan buah dan sayuran dengan tujuan utama mengurangi ketergantungan impor bahan baku produk pertanian, sehingga bisa meningkatkan efisiensi di seluruh rantai nilai industri melalui penerapan Industri 4.0," tutur Menperin Airlangga Hartarto, di Cikupa, Banten, Jawa Barat, Rabu (12/12/2018).

Menperin Airlangga

Selain itu, dengan menguasai teknologi yang menjadi ciri khas era Industri 4.0, antara lain artificial intelligence, internet of things, big data, advanced robotics dan 3D printing, diharapkan industri makanan-minuman dan juga sektor lainnya, mampu menjadi pembangkit dalam memacu pertumbuhan industri manufaktur nasional, termasuk menciptakan lapangan kerja.

Airlangga pun memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para pelaku bisnis makanan dan minuman, yang terus berinovasi demi menghasilkan produk berkualitas. Seperti penggunaan teknologi HPP (High Pressure) yang baru saja diluncurkan oleh PT Sewu Segar Primatama (anak perusahaan PT Sewu Sentral Primatama), sebuah perusahaan nasional yang memproduksi cold-pressed juice dengan merek dagang Re.juve

Metode HPP memungkinkan perusahaan menjaga kandungan nutrisi dan memperpanjang masa pajang produk (shelf life) hingga enam kali lebih lama tanpa bahan pengawet.

"Kami menyambut baik inisiatif dan terobosan inovatif yang dibawa Re.juve melalui teknologi HPP. Saat ini, baru sedikit negara di Asia – bahkan dunia – yang mengadopsi teknologi HPP, sehingga kita harus mengambil keuntungan dari keunggulan tersebut," tukas Airlangga.

Dengan beroperasinya fasilitas ini, Airlangga berharap ke depannya Indonesia dapat menghasilkan produk industri minuman yang berkualitas, sehat dengan standar yang mampu bersaing di pasar global.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini