nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Mitos tentang Gunung Semeru yang Masih Dipercaya Pendaki

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 09:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 12 406 1990065 5-mitos-tentang-gunung-semeru-yang-masih-dipercaya-pendaki-8tvhpiVLGv.jpg Mitos Gunung Semeru (Foto: Renny/Okezone)

SEBAGIAN masyarakat pasti pernah mengunjungi gunung yang ada di Indonesia. Keindahan alam yang tersaji serta udara sejuk yang disuguhkan akan menenangkan hati dan mengurangi segala beban pikiran yang ada.

Akan tetapi, sebagai pengunjung ada beberapa etika yang harus diperhatikan saat Anda pergi berlibur ke gunung. Pasalnya beberapa gunung di Indonesia masih terikat dengan kisah mistis yang ada dalamnya.

Banyak mitos-mitos serta pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat yang berkunjung ke gunung. Salah satu gunung yang memiliki mitos-mitos unik adalah Gunung Semeru.

Tentunya banyak dari Anda yang penasaran mengenai mitos gunung yang terletak di Pulau Jawa ini. Dalam artikel ini Okezone akan membahasnya satu per satu. Yuk disimak!

Baca juga: Semarak Harbolnas, 5 Selebriti Ini Gemar Belanja Online Lho!

1.Dilarang mandi di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau gunung di kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Konon air danau ini dianggap suci dan masih sering digunakan sebagai proses ritual suci keagamaan masyarakat. Para pengunjung dilarang mandi, mencuci bahkan mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau.

2.Mitos Mbah Dipo

Mbah Dipo merupakan kuncen Gunung Semeru dan saat ini ia telah meninggal dunia. Meskipun begitu, Mbah Dipo masih terus dikenang oleh masyarakat sekitar. Konon katanya, bila Gunung Semeru meletus maka penduduk harus pergi ke arah sungai dan dilarang menuju Gunung Sawur. Mitos itulah yang dipegang teguh hingga kini.

3.Mitos ikan mas penjaga Ranu Kumbolo

Seperti yang dikatakan di atas, para pengunjung dilarang melakukan berbagai aktivitas di dekat danau suci ini. Kegiatan memancing atau menangkap ikan pun dilarang untuk dilakukan. Konon katanya ada seekor ikan mas titisan seorang dewi yang bertugas menjaga Ranu Kumbolo.

Baca juga: Harbolnas Dimulai! Ini Tips Sukses Belanja Sebelum Kalap

4.Mitos tanjakan cinta

Ingin sukses dalam percintaan? Ya, cobalah datang ke Gunung Semeru dan dakilah tanjakan cinta. Tanjakan ini tidak terlalu terjal dan merupakan akses bagi para pendaki dari Ranu Kumbolo menuju puncak Semeru. Tanjakan ini tidak terlalu terjal, hanya saja jaraknya cukup panjang. Dipercaya jika melalui tanjakan ini tanpa istirahat dan tidak menoleh ke belakang, maka percintaanmu akan dikabulkan.

5.Mitos Gunung Semeru pakunya Pulau Jawa

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa dengan puncaknya yang bernama Mahameru. Dipercaya bahwa Gunung Semeru dibawa oleh para dewa untuk menjadi paku dan memberikan keseimbangan bagi Pulau Jawa yang dulunya terombang-ambing di lautan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini