nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Ekstrem Jangan Galau, Coba Berburu Petir Aja

Bagas Taruna , Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 12 406 1990162 cuaca-ekstrem-jangan-galau-coba-berburu-petir-aja-BXjwm3kGdc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

CUACA ekstrem yang menerpa Jakarta dalam beberapa hari belakangan memang menyeramkan. Selain angin kencang dan hujan deras yang menyerang, salah satu yang juga menakutkan adalah petir yang menyambar.

Tapi jangan salah, meskipun menyeramkan ternyata petir bisa sangat indah jika diabadikan dalam sebuah gambar. Hasilnya pun pasti akan mengundang decak kagum bagi yang melihatnya. Polanya yang cantik serta latar belakang yang mendukung akan menjadi suatu nilai tambah sendiri terhadap foto tersebut.

Nah, Okezone mengutip Photographylife, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan jika ingin menangkap petir ke dalam jepretan kamera DSLR.

Baca Juga: Wanita Ini Pesan Kostum Natal Seksi di Online, yang Datang Malah Bikin Kesal


1. Cari posisi aman

Adalah yang paling penting dari seni memotret ekstrim ini. Carilah posisi seaman mungkin, seperti di dalam gedung dan mobil. Jangan berdiam di lokasi yang memiliki banyak cahaya dari luar, apalagi di sekitar air atau pepohonan tinggi karena bisa saja petir menyambar objek tersebut.


2. Persiapkan peralatannya

Kamera DSLR dan tripod adalah dua benda yang wajib dibawa. Lensa jenis apa pun boleh. Pastikan kameranya bisa diatur secara manual untuk shutterspeed serta aperturenya.

Walau ada yang beruntung mendapatkan fotonya tanpa tripod, tapi akan lebih baik jika Anda membawanya. Peralatan lain seperti remote inframerah atau senter juga mendukung sesi pemotretan Anda.

3. Tentukan lokasi

Bukan masalah besar untuk mencari tempat badai yang memiliki banyak petir. Tapi, sulit mencari spot yang tepat. Pilihlah lokasi yang bagus namun masih aman agar terhindar dari bahaya. Lindungi kamera beserta perlengkapan dengan penutup kain atau plastik.

Baca Juga: Iklan Blackpink Shopee Dikecam, Netizen Bikin 4 Meme "Blackpink Syar i" yang Bikin Ngakak!

4. Atur kamera dan tripodnya

Cobalah dengan mengatur lensa secara manual dan fokusnya secara infinity. Ambil gambar dalam mode auto dan pastikan gambarnya jernih dan tajam. Lalu, aturlah ISO-nya menjadi yang paling rendah. Untuk Nikon keluaran baru, seperti D5000/D90/D300/D700 dan sebagainya, atur menjadi 200. Sementara Nikon keluaran lama seperti D80 dan D200 ISO-nya adalah 100.

Bagi pengguna Canon, atur ISO-nya menjadi 100 saja. Terakhir, atur kamera menjadi mode manual. Mulailah dengan shutterspeed pada kecepatan 3-5 detik dan f/8. Jika Anda memotret dalam suasana gelap, turunkan shutterspeed menjadi 15-30 detik. Ketika memotret di tempat yang bercahaya, atur lensanya menjadi f/16.

5. Mengatur susunan fotonya

Pastikan untuk mengambil langitnya daripada foreground atau background. Sekira 60-80 persen ke arah langit dan sisanya ke latar belakang atau depan. Pada akhirnya, petirnya akan terlihat fokus di langit.

6. Sabar

Kunci utama supaya mempunyai foto ekstrem ini di galeri Anda. Seringlah menjepret petir tersebut dan tahu momen yang tepat untuk menekan tombol pada kamera, walau biasanya akan mendapat zonk terlebih dahulu. Usaha Anda dijamin akan berbuah hasil setelah beberapa kali percobaan. Selamat berburu foto petir!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini