nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Kecelakaan Kerja, Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja Kini Jadi Perhatian Pemerintah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 15:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 12 481 1990183 selain-kecelakaan-kerja-kesehatan-mental-di-lingkungan-kerja-kini-jadi-perhatian-pemerintah-mw0Guv5DjU.jpg Kesehatan mental di lingkungan kerja kini jadi fokus pemerintah (Foto: Indiantimes)

Masih banyak yang tidak memahami bahwa isu kesehatan ternyata tidak melulu berbicara tentang kondisi fisik manusia. Selain perihal kecelakaan kerja, kesehatan mental pun kini menjadi perhatian utama Pemerintah Indonesia.

Hal ini sempat disinggung oleh drg. Kartini Rustandi, M.Kes, Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga, saat menjadi pembicara dalam konferensi pers Impelementasi Budaya K3, di Fitness Center Kemenkes, Jakarta Selatan, Selasa 11 Desember 2018. Berdasarkan penuturannya, seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, tingkat stres para pekerja di Indonesia pun semakin meningkat.

"Situasi sekarang membuat banyak orang stres. Ditambah lagi mereka dipacu untuk mencapai target-target yang diberikan pihak perusahaan. Maka dari itu kini kesehatan mental tengah menjadi fokus Kemenkes," tutur drg. Kartini Rusantdi.

stres

Lebih lanjut, Kartini menjelaskan, dalam beberapa tahun terakhir, Kemenkes telah menemukan banyak sekali kasus-kasus gangguan kejiwaan. Contohnya, banyak orang yang datang ke klinik mengeluh sakit dengan gejala tertentu. Namun setelah diperiksa, gejala tersebut disebabkan tingkat stres yang sudah tidak terkontrol.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, sebetulnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan rutin berolahraga.

"Saat berolahraga tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati. Bagi para pekerja kantoran, bisa melakukan peregangan selama kurang lebih 10-15 menit setiap 2 jam sekali. Di akhir pekan bisa mengambil kelas yoga," tutup Kartini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini