nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Perhatikan 4 Hal Ini saat Bayi Mulai Belajar Makan Sendiri

Risda Nadiva, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 04:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 12 481 1990418 moms-perhatikan-4-hal-ini-saat-bayi-mulai-belajar-makan-sendiri-esZ35cnELW.jpg Bayi belajar makan dengan tangan sendiri (Foto: Lifealth)

Ketika sudah saatnya bayi mengeksplor kemampuannya untuk mulai makan dengan tangannya sendiri, maka jangan menghalanginya. Di samping memberi ASI pada bayi, ibu juga harus memberi selingan makanan yang lembut untuk bayi. Apalagi giginya belum tumbuh dengan sempurna dan masih berupa gusi.

Selain itu, perhatikan apa makanan yang dikonsumsinya karena tentu saja makanan bagi bayi yang baru belajar makan berbeda dengan bayi atau anak yang sudah bisa makan sendiri.

Menyadur Lifealth pada Kamis (13/12/2018), tampaknya jika si bayi mulai belajar makan sendiri untuk pertama kalinya menggunakan tangan, ibu harus memperhatikan hal-hal kecil yang boleh dan tidak boleh diberikan pada bayi.

Beri potongan kecil

Potongan kecil-kecil kue, buah-buahan, atau biskuit bayi yang disajikan bisa memudahkan bayi mengunyahnya. Selain itu, genggaman tangan bayi juga masih kecil, ini tentu membuatnya bisa belajar perlahan untuk menggenggam makanannya dan tidak menyebabkan bayi tersedak.

Hindari makanan yang lengket

Jangan sekalipun beri bayi makanan yang sifatnya lengket. Selai-selaian, karamel, dan krim bisa membuat mulutnya menempel dan lengket.

Baca Juga: Maia Estianty Potong Rambut Panjangnya, Begini Penampilannya Sekarang!

Alih-alih terkesan sepele, tapi hal ini bisa memperparah masalah saluran pernapasan anak Anda, seperti tersedak. Belum lagi orangtua juga repot membersihkan kotoran yang lengket di sekitar tubuh si bayi dan peralatannya.

Bayi Belajar Makan

Beri makanan yang takarannya sesuai

Makanan bayi sangat berbeda dari makanan orang dewasa. Entah terlalu tinggi garam tau gula, tapi itu terkait dengan lambung bayi yang masih sensitif. Untuk itu, berilah makanan yang takarannya pas.

Baca Juga: Gaya Penjual Ikan Seksi Liu Pengpeng, Suka Nari dan Kedip-Kedip Manja

Jangan membiarkannya makan sendiri

Karena masih bayi dan baru mulai makan sendiri, seringkali mereka tidak mengerti benda apa yang akan masuk ke mulutnya. Contohnya, bisa saja bayi mengambil mainan atau bola kecil yang bisa berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Orangtua sebaiknya mencegah benda berbahaya di sekitar bayi, dan perhatikan makanan yang ia konsumsi. Bisa saja makanan itu rasanya pedas, keras, asam, dan terlalu manis.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini