nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sikat Gigi Saja Belum Cukup, Ada 5 Cara Lain Ampuh Atasi Bau Mulut

Romeldo Christian, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 09:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 12 481 1990480 sikat-gigi-saja-belum-cukup-ada-5-cara-lain-ampuh-atasi-bau-mulut-43hdUf8dcg.jpg Ilustrasi bau mulut (Foto: Healthlivening)

MASALAH bau mulut tentunya sangatlah mengganggu. Selain mulut terasa tidak enak, lawan berbicara pun akan tidak nyaman dengan bau tak sedap yang keluar dari mulut. Apalagi, lawan bicara adalah pasangan atau relasi penting Anda. Jangan sampai hal ini terjadi.

Jadi, cobalah untuk memulai kebiasaan yang dapat mengurangi bau mulut. Berikut Okezone lansir dari WebMD, kebiasaan atau hal yang dapat mengurangi bau mulut.

 Baca Juga: Iklan Blackpink Shopee Dikecam, Netizen Bikin 4 Meme "Blackpink Syar i" yang Bikin Ngakak!

Sikat gigi lebih sering

Tentunya, salah satu penyebab dari bau mulut adalah bakteri yang ada pada kotoran dalam mulut Anda. Kotoran ini dapat terletak di sela-sela gigi atau bahkan menempel pada lidah. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan kotoran tersebut dengan cara menyikat gigi lebih sering. Hal ini akan mempercepat rontoknya kotoran beserta kuman di dalam mulut Anda.

Obat kumur

Walau sudah disikat, di dalam gigi masih mungkin terdapat kuman atau bakteri yang tidak ikut terbilas. Coba untuk membilas mulut dengan obat kumur. Pastikan obat kumur ini memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman pada mulut. Pewangi pada obat kumur tentunya dapat menjadi nilai tambah agar mulut tidak bau.

 

Sikat lidah

Pernahkah Anda merasakan bahwa lidah terasa tebal dan terasa tak nyaman? Lidah Anda terasa seperti itu karena terdapat tumpukan kotoran. Dengan hanya menggunakan obat kumur tidak dapat merontokkan kotoran pada lidah. Cobalah menyikat bagian lidah hingga terasa ringan dan lidah menunjukkan warna merah muda, bukan warna putih tulang yang merupakan warna dari sisa makanan.

Jaga kesehatan gusi

Gusi tentunya juga hal yang penting bagi kesehatan mulut. Jika Anda memiliki gangguan kesehatan pada gusi, cobalah untuk berkonsultasi kepada dokter. Walau terdengar tidak penting, gusi yang membusuk akan sangat mengganggu kesegaran mulut Anda. Tidak hanya kesegaran, kesehatan mulut pun jadi terancam. Oleh karena itu, sikat gigi dengan perlahan agar tidak melukai gigi dan menjadi pemicu gangguan kesehatan pada gigi.

 

Basahi mulut

Mulut yang kering tentunya akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Penyebabnya pun dapat karena terkena sinar matahari atau tubuh tidak menciptakam air liur yang cukup. Cobalah meminum beberapa gelas air untuk melembapkan mulut Anda.

 Baca Juga: Wanita Ini Pesan Kostum Natal Seksi di Online, yang Datang Malah Bikin Kesal

Jaga makanan

Tentunya makanan yang tidak baik juga akan memperburuk bau mulut. Bawang-bawangan adalah sesuatu yang mungkin Anda kurangi porsinya jika sedang mengalamai bau mulut. Bawang juga dapat membuat mulut yang tadinya segar menjadi bau. Tembakau pun seperti itu, aroma yang tajam dari tembakau tentunya akan merusak kesegaran mulut Anda.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini