nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makin Populer di Dunia Kecantikan, Apakah Suntik Botox Itu Aman?

Noor Chotijah , Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 18:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 12 611 1990401 makin-populer-di-dunia-kecantikan-apakah-suntik-botox-itu-aman-PSR5VQQS5D.jpg Apakah perawatan botox itu aman untuk kesehatan? (Foto: Lincolnshire)

SAAT ini perkembangan teknologi kecantikan sudah semakin canggih, yang begitu mudah diikuti oleh perawatan serba instan, khususnya garis-garis halus juga keriput wajah. Perawatan Botox adalah salah satu prosedur anti-penuaan yang paling populer saat ini, bukan hanya dilakukan oleh kaum perempuan, saat ini kaum pria pun semakin banyak untuk mengikuti tren perawatan tersebut.

“Botox juga tidak bisa dilakukan sembarangan, harus melakukan asesmen dari orang yang ingin botox, sehingga tidak akan muncul efek samping yang berlebih,” seperti yang dikatakan dr. Nataliani Mawardi, Dipl. CIBTAC di NMW Clinic, Kawasan Alternatif Cibubur, Rabu (12/12/2018).

Jadi memang perawatan ini dikatakan cukup aman, sampai botox sendiri sudah menjadi perawatan terlaris untuk setiap kalangan. Saat ini botox secara luas digunakan dalam dunia dermatologi salah satunya untuk mengatasi kerutan yang muncul akibat ekspresi wajah seperti tersenyum, mengerenyit, menangis, dan cemberut. Kerutan akibat ekspresi inilah yang lama kelamaan akan menyebabkan kulit mengendur dan berkerut.

BACA JUGA:

10 Barang Mahal dengan Diskon Menggiurkan di Harbolnas 12.12, Sudah Cek Belum?

 

“Botox itu memberikan fase relaksasi otot yang kontraksi, di mana akan ada fase istirahat pada otot wajah,” “Contohnya ketika kita sedang cemberut, kontraksi otot sedang terjadi kemudian begitu di botox langsung relaksasi, dan kulit langsung naik lagi merata secara halus, itulah kerjanya botox” lanjutnya.

Kerutan-kerutan ini pun bukan hanya terjadi pada usia lanjut, karena kerutan otot memang sering timbul pada siapapun, bahkan saat sedang terdiam kerutan diwajah sangat terlihat jelas. Botox itu berbentuk cairan untuk disuntik pada area wajah yang memiliki kerutan berlebih.

“Biasanya yang paling sering timbul di area mata, sebelumnya pasien akan dioleskan krim kebal agar saat penyuntikan tidak akan terasa apapun, untuk waktu paling lama 10 menit atau tergantung banyaknya lekukan kerutan pada area tertentu,” lanjutnya.

Melakukan perawatan botox ini bukan berarti kerutan atau penuaan hilang secara permanen , hanya saja proses penuaan akan menjadi lambat. Sehingga wajah kita bisa jadi jauh lebih muda dari umur saat ini.

 BACA JUGA:

Sweater Dinosaurus hingga Penghangat Hidung, 10 Kado Natal Paling Aneh Pernah Ada

“Dosis yang digunakan juga tergantung kedalaman kerutan, minimal 20 unit biasanya itu dipakai pada area mata,” lanjutnya. Penyuntikkan toksin botulinum dalam dosis kecil dan terkendali ke area sekitar kerutan menggunakan jarum kecil," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini