nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri Yohana: Banyak Lansia di Indonesia Masih Pikul Beban Berat

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 13 Desember 2018 12:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 13 196 1990688 menteri-yohana-banyak-lansia-di-indonesia-masih-pikul-beban-berat-RrImE9ovaU.jpg Lansia di Indonesia masih banyak pikul beban berat (Foto:Ilustrasi/MRC)

KESEJAHTERAAN dan pemenuhan hak-hak dari kaum lansia di sebuah negara nyatanya masuk menjadi salah satu indikator apakah negara tersebut sudah bisa dikatakan sebagai negara maju atau belum.

Generasi muda sebagai kaum produktif memang jadi salah satu aspek pembangunan dan aset penting dari suatu negara. Namun begitu sebuah negara tidak lepas dari hasil kerja keras dan jerih payah para generasi pendahulu.

Inilah mengapa kita para kaum muda, penerus bangsa tidak boleh melupakan kehadiran kaum lansia. Sebaliknya, sudah sepatutnya kita menaruh perhatian khusus kepada kaum lansia. Perhatian yang sama besarnya dengan perhatian kepada kaum perempuan, anak-anak dan juga kaum difabel.

Sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah pusat kepada kelompok lansia, khususnya di daerah Kalimantan Tengah, Yohana Yembise sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia mengunjungi salah satu panti sosial tresna werdha, Sinta Rangkang di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sebagai salah satu rangkaian acara ‘Peringatan Hari Ibu’ ke-90.

Via Vallen si Selebriti Nge-Hits of The Day, Intip Tampilannya saat Umroh, Adem Banget!

Pantauan Okezone, Rabu (12/12/2018) di lokasi acara, dalam kunjungannya tersebut, menteri yang familiar disapa dengan Mama Yo ini tidak hanya melihat keadaan para lansia penghuni panti werdha, tetapi juga menyempatkan memberikan bantuan berupa alat kebutuhan sehari-hari.

Dalam kesempatan ini, Yohana sempat mengemukakan bahwa menurut kaum lansia di Indonesia masih belum bisa menikmati hidup secara utuh karena masih kerap bekerja memikul beban berat.

“Saat ini masih banyak Lansia di Indonesia yang memikul beban cukup berat. Contohnya saat tinggal dekat anak, masih suka diminta untuk menjaga cucu sampai cicit. Kerja di rumah, bahkan ada juga yang masih kerja di luar, misalnya di kebun,” tutur Yohana, saat ditemui Okezone, Rabu (12/12/2018) di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Di Inggris Ada Kamar Tidur seperti Rahim Wanita, Bikin Tamu Betah Berlama-lama Menginap

Ditambahkan Yohana, idealnya kaum lansia di Indonesia sudah bisa hidup sejahtera dan menikmati hidup. Di mana hak-haknya dipenuhi dan diperhatikan oleh negara, mengingat perhatian dan pemenuhan hak, tidak menelantarkan kaum lansia adalah termasuk dalam indikator sebuah negara dikatakan negara maju.

“Sudah saatnya mereka menikmati hidup, tidak ada lagi kaum lansia yang harus bekerja dengan keras. Mereka sudah seharusnya merasa bahagia, kami tekankan terus agar kaum lansia itu diperhatikan,” tandas Yohana.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini