nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dinilai Ekstrem, Olahraga Panjat Tebing Bisa Membuatmu Lebih Bijak Mengambil Keputusan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 07:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 13 196 1991016 dinilai-ekstrem-olahraga-panjat-tebing-bisa-membuatmu-lebih-bijak-mengambil-keputusan-OeW7zAT2Mi.jpg Olahraga panjat tebing (Foto: Fitnessgoals)

MELAKUKAN aktivitas fisik atau olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Beruntung kini semakin banyak masyarakat yang memiliki kesadaran untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga. Terlebih bila mereka memiliki teman untuk latihan bersama.

Sekarang komunitas untuk olahraga memang mulai menjamur. Mulai dari komunitas lari, bersepeda, hingga panjat tebing. Hal ini terbilang positif karena dapat memotivasi anggota komunitas untuk terus berlatih. Salah satunya adalah komunitas IndoClimb. Mereka berlatih panjat tebing seminggu tiga kali di kawasan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga panjat tebing. Meskipun kelihatannya sulit dan berbahaya, olahraga yang memacu adrenalin ini sebenarnya aman dilakukan apabila menggunakan pengaman dengan baik serta menguasai teknik secara benar. Menurut head of coach dari komunitas IndoClimb, Emi Zainah, panjat tebing bukan hanya memberikan kebugaran pada tubuh.

BACA JUGA:

5 Gaya Faye Nicole Jones yang Senang Pakai Baju Tanpa Lengan dan Hot Pants

"Olahraga panjat tebing sendiri sebenarnya mengajarkan kita untuk berpikir tepat dan cepat. Jadi di saat kita hendak memanjat ke tingkat selanjutnya, kita harus memilih jalan mana yang diambil. Selain itu kita dilatih untuk mengambil keputusan di saat takut," tuturnya saat ditemui Okezone dalam sebuah acara, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Menurut Emi, secara filosofis panjat tebing memberikan pelajaran agar para pelakunya mengambil keputusan secara cepat dan tepat dalam kondisi apapun. Seperti yang diketahui, panjat tebing dilakukan di atas ketinggian yang terkadang membuat pemanjat takut. Tapi di sisi lain dirinya memiliki keinginan untuk menaklukkan jalur. Oleh karenanya, ia harus memikirkan strategi yang tepat dan diambil secara cepat karena panjat tebing identik dengan waktu.

Selain itu, panjat tebing juga memberikan manfaat pada anak-anak. Mereka yang berusia 5-6 tahun memang sudah diperbolehkan mengikuti latihan panjat tebing asalkan alatnya tersedia. "Kalau buat anak-anak, panjat tebing membuat mereka lebih percaya diri," tambah Emi.

BACA JUGA:

6 Gaya Rambut Trendi si Cantik Irene 'Red Velvet'

Sementara itu, panjat tebing melatih hampir semuat otot di tubuh. Kebanyakan mungkin akan berpikir olahraga ini hanya melatih otot tangan saja untuk menggapai pijakan. "Latihan ini sebenarnya melatih tangan, kaki, panggul. Tapi berhubung kaki jauh lebih kuat dari tangan, jadi berasa kalau panjat tebing tangan berat banget. Makanya itu yang terpikirkan dilatih," pungkas Emi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini