nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Berangkat Kerja, Hangatkan Tubuh dengan Sarapan Soto Lamongan dan Tempe Mendoan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 04:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 13 298 1990951 sebelum-berangkat-kerja-hangatkan-tubuh-dengan-sarapan-soto-lamongan-dan-tempe-mendoan-bH5DutItjs.jpg Sarapan nikmat dengan soto lamongan (Foto: @berbagiresep/Instagram)

Soto merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang kini masuk dalam kategori makanan nasional. Dalam arti lain, hidangan berkuah yang menyuguhkan sensasi rasa gurih ini mulai gencar dipromosikan oleh Pemerintah Indonesia di kancah internasional.

Berbicara soal soto, berbagai daerah di Indonesia memiliki olahan soto sesuai dengan ciri khas daerahnya masng-masing. Mulai dari soto Madura, soto, Kediri, soto Kudus, soto Padang, dan masih banyak lagi.

Uniknya, dari sekian banyak jenis soto yang dijual di pasaran, soto Lamongan khas Jawa Timur digadang-gadang menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Indonesia. Keunikan hidangan ini terletak pada kuah sotonya yang berwarna kuning, dengan beragam isian yang menggugah selera, seperti suwiran daging ayam, ceker, hingga potongan daun kubis.

Di Musim hujan seperti saat ini, olahan soto Lamongan bisa jadi salah menu yang tepat untuk Anda sajikan dalam suasana apa pun, termasuk sebagai menu sarapan.

Tertarik untuk membuatnya? Berikut Okezone rangkumkan resep lengkap membuat soto lamongan, dan tempe mendoan untuk makanan pelengkapnya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jumat (14/12/2018).

Soto Lamongan

Bahan-bahan:

1 ekor ayam kampung, belah menjadi 4 bagian

2000 ml air

6 lbr daun jeruk

3 btg serai, digeprek

1 sdt merica bubuk

Garam, gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:

10 btr bawang merah

6 siung bawang putih

1 ruas jahe

1 ruas kunyit

4 butir kemiri

Bahan sambal:

1/4 sendok teh garam

20 buah cabai rawit merah uleg halus tambahkan kecap manis. Aduk rata

Bahan koya:

3 siung bawang putih, iris goreng

3 bh kerupuk udang tumbuk jadi satu

Cara membuat:

1. Dalam panci rebus air kira-kira 2 liter;

2. Tumis bumbu halus beserta serai, daun jeruk sampai harum. Masukkan ayam yang sudah dibagi 4. Aduk-aduk sampai berubah warna. Tuang sebagian air panas ke tumisan ayam. Aduk rata kemudian tuang kembali ayam beserta bumbu ke dalam panci berisi air panas;

3. Tambahkan merica, garam, gula secukupnya. Masak sampai ayam empuk. Angkat ayam. Tiriskan kemudian goreng ayam sampai kecoklatan. Suwir-suwir ayam;

4. Penyajiannya : di mangkuk tata soun, tauge, kol, ayam suwir, telur rebus, seledri, bawang goreng siram dengan kuah soto panas. Beri sambal, koya kucuri jeruk nipis. Sajikan selagi hangat.

nasi lamongan

(Foto: @berbagiresep/Instagram)

Tempe Mendoan

Bahan-bahan:

1 papan tempe bagi jadi 8

1 batang daun bawang iris tipis

6 sdm tepung terigu protein rendah

1 sdm tepung beras

3 bawang putih, 2 kemiri, 1 ruas kunyit haluskan, tambahkan air, aduk rata. Kemudian beri garam, kaldu bubuk, dan ketumbar bubuk

Cara membuat:

1. Bumbu yang telah dihaluskan tadi beri tambahan daun bawang, masukkan irisan tempe. Goreng satu persatu di minyak panas dengan api sedang;

2. Tingkat kematangan disesuaikan dengan selera, boleh setengah matang atau kering sekali. Jangan lupa sajikan tempe mendoan selagi hangat.

tempe mendoan

(Foto: @doyanmasak.tv/Instagram)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini