nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Uniknya Penginapan Alami di Rote, Siram Toilet Pakai Serbuk Kayu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 01:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 13 406 1991057 uniknya-penginapan-alami-di-rote-siram-toilet-pakai-serbuk-kayu-AHzUvp4Yak.jpg Penginapan unik dan ramah lingkungan di Rote, NTT (Foto: Wildescape)

BERCERMIN dari isu pemanasan global yang tengah menghantui seluruh negara di berbagai belahan dunia, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata telah meluncurkan program Sustainable Tourism Development.

Di dunia, Sustainable Tourism Development telah menjadi sebuah tren yaitu, pengembangan pariwisata dengan mempertimbangkan 3P yakni, Planet (alam), People (masyarakat), dan Prosperity (kesejahteraan).

3P digadang-gadang sebagai rumus pengembangan pariwisata terbaik untuk mencapai pariwisata yang semakin dilestarikan dan menyejahterkan. Seperti diketahui, daya saing pariwisata Indonesia untuk pilar environment sustainability pada Travel and Tourism Competitiveness Index (TTC) World Economic Forum (WEF) masih sangat rendah. Saat ini, Indonesia berada di ranking 131 dari 134 negara.

Tak heran jika dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah tengah gencar mempromosikan program Sustainable Tourism Development di dalam negeri, yang kini mulai diadopsi oleh para pelaku bisnis pariwisata.

Seperti yang dilakukan oleh Kim Slippens dan suaminya Aimon Ilotte. Perempun berdarah Jerman yang tumbuh besar di Indonesia itu membangun sebuah penginapan ramah lingkungan di daerah Rote, Nusa Tenggara Timur.

Konsep yang mereka usung memang benar-benar unik dan menjunjung tinggi nilai-nilai pariwisata berkelanjutan. Seluruh kamar maupun ruangan penginapan tidak menggunakan tenaga listrik sama sekali.

Sebagai gantinya, Kim dan Aimon memanfaatkan tenaga matahari yang dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan kipas angin atau sekadar mengisi ulang baterai telpon genggam.

Tidak hanya itu, penginapan ini juga memanfaatkan serbuk kayu yang digunakan untuk menyiram kloset toilet. Kim mengatakan, dengan cara tersebut, seluruh kotoran yang ditampung di dalam kloset selama kurang lebih 6 bulan - 1 tahun dapat didaur ulang menjadi pupuk.

"Bisa dipakai lagi untuk di dalam kebun. Bisa jadi pupuk untuk pohon-pohon agar tumbuh subur. Itu artinya, kita kasih kembali ke dunia. Apa yang kita makan langsung balik ke tanah," tutur Kim, seperti dikutip Okezone dari BBC News, Kamis (13/12/2018).

Lalu seperti apa desain kamar yang ditawarkan oleh Kim dan keluarga kecilnya?

(Baca Juga; Viral, Biduan Ajak Mempelai Pria 'Njot-Njot' di Pelaminan)

Seluruh kamar yang ada di penginapan ini dibiarkan terbuka menghadap ke arah matahari tenggelam. Tempat tidur berukuran king size tampak cantik dengan balutan sprei berwarna putih.

Di sekililing tempat tidur juga dipasang kelambu berukuran besar untuk meningkatkan kenyamanan para tamu. Pondasi ruangan pun sengaja di buat tinggi, agar siklus udara dapat masuk dengan lancar. Jadi meski tidak ada fasilitas AC dan alat pendingin lainnya, ruangan ini masih sangat nyaman untuk ditmepati.

Jika lapar, tamu dapat menikmati beragam makanan sehat yang langsung diolah oleh sang pemilik penginapan, Aimon Illotte. Berdasarkan pengakuannya, seluruh bahan makanan di penginapan ini diambil langsung dari kebun yang ditanamnya sendiri.

Kendati demikian, Aimon tidak memungkiri bahwa menanam tumbuhan di Rote tidak semudah bercocok tanam di Bali.

"Tanah di Rote susah sekali. Ini pulau yang kering, tidak seperti di Bali. Jadi kita bikin bedeng sayur seperti ini, supaya lebih gampang untuk bikin tanah menjadi subur," tegas Aimon.

"Ada tanah hitam dari danau, ada tanah isi (campur) pasir dan banyak pupuk. Pupuk alami semua, tidak memakai bahan kimia. Supaya makanannya sehat semua," timpalnya.

Kim dan Aimon mengatakan, konsep ramah lingkungan yang mereka usung ini dimaksudkan agar pengunjung merasa lebih dekat dengan alam. "Saya berharap, disini kita tidak akan terlalu buat banyak masalah (merusak alam) Rote, kita jaga agar lebih bagus," tutup Kim.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini