nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan 6 Cara Ini Untuk Mengatasi WC Jongkok yang Mampet

Rizky Hidayat, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 11:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 14 196 1991179 6-cara-mengatasi-wc-jongkok-yang-mampet-AkTTn3Alyp.jpeg Perhatikan 6 Metode ini mengatasi WC Mampet Membandel

Rumah yang bagus menyediakan sistem pembuangan yang tepat. Selain desain yang menjadi hal utama, sebuah rumah akan nyaman ditempati apabila mempunyai wc. Kebutuhan hajat yang primer adalah bahan pertimbangan paling awal mengapa keberadaan wc harus disesuaikan dengan penggunanya. Menyertakan ventilasi pada bagian atas juga dapat membuat sirkulasi udara mengalir lancar. Hal ini juga bertujuan agar ruangan wc tidak pengap. 

Pengharum ruangan yang digantungkan juga akan menghindarkan wc dari bau tidak sedap.

Untuk menjaga kebersihannya, anda harus rutin menyemprotkan cairan pembersih pada lantai dan kloset. Sebab, apabila anda tidak membersihkan lantai wc maupun tempat pembuangan air besar secara teratur, bukan tidak mungkin jika kuman-kuman jahat akan menempel dan mendatangkan penyakit yang berbahaya bagi kesehatan anda dan keluarga. Sayangnya, permasalahan lain timbul bagi pengguna wc jongkok yang tiba-tiba tersumbat.

Tak bisa di pungkiri, Anda harus menemukan cara paling efektif untuk mengatasi masalah ini. usahakan untuk tenang saat menjumpai problema ini. kepanikan anda justru akan memperparah keadaan. 

Mengingat kloset mampet sangat mengganggu rasa nyaman, ada baiknya jika anda menggali informasi berkaitan dengan cara mengatasi wc jongkok mampet yang tepat. Anda tidak perlu memanggil tukang sedot atau menyewa jasa penyedotan tinja yang notabene mengeruk kocek. 

Penyedia jasa ini biasanya memakai soda api yang tergolong bahaya apabila tidak digunakan sesuai petunjuk.

Berikut ini adalah cara mengatasi wc jongkok mampet yang aman dan mudah.

1. Hentikan menyiram dengan banyak air

Kebiasaan inilah yang umumnya dijalankan oleh banyak orang. Air yang dituangkan terlalu banyak justru akan membuat semua kotoran yang ada di kloset naik. Nah, bisa Anda bayangkan bukan jika hal ini terjadi?. Kondisi ini juga akan mendatangkan bau tidak sedap di dalam wc.

2. Pakailah sarung tangan karet

Tolet pada dasarnya bukanlah tempat yang sehat. Menilik fungsinya sebagai lokasi pembuangan fases, bisa dipastikan banyak patogen maupun bakteri jahat yang berkembangbiak di dalamnya. Cara mengatasi wc jongkok mampet dengan memakai sarung tangan inilah yang akan membatasi kuman untuk menembus tubuh Anda.

3. Lindungi lantai

Metode ini memang sepele, tapi siapa sangka jika alternatif ini nantinya akan memudahkan Anda saat pengerjaan toilet tersumbet sudah selesai?. Minimalkan kerusakan potensial dengan meletakkan koran atau tisu di atas lantai untuk menyerap cairan. Percikan kecil yang akan menetes ke lantai setelah anda mengaplikasikan cara mengatasi wc jongkok mampet lebih gampang dibersihkan.

4. Pastikan suplai air ke toilet sudah dimatikan

Saking sibuknya mencari memecahkan problema ini, jangan sampai Anda lupa menghentikan aliran air toilet. Hindari mematikan pasokan air untuk keperluan rumah lainnya, hal ini akan membuat penghuni rumah kesulitan saat mereka ingin mandi atau mencuci piring.

5. Buka ventilasi

Indikator kamar mandi yang baik menaruh ventilasi kecil pada bagian atasnya. Saat Anda sedang membetulkan wc jongkok yang tersumbat, bukalah jendela untuk mengurangi aroma busuk yang ditimbulkan. Langkah ini juga memproteksi anda dari uap beracun yang berasal dari produk kimia yang dipakai.

6. Air panas

Anda bisa menambahkan sabun cuci piring atau menuangkan satu panci atau setengah ember air panas dengan jarak setinggi pinggang ke dalam mangkuk toilet. Cara mengatasi wc jongkok mampet ini akan membantu membersihkan penyumbat toilet. Biarkan air dan sabun cuci melekat di wc selama beberapa menit. 

Jika 6 metode diatas sudah Anda aplikasikan dan belum membuahkan hasil, maka beralihlah ke jasa tukang sedot terpercaya untuk menanganinya.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini