Michelle Obama Bagikan 7 Tips Hidup Lebih Bahagia Seperti Dirinya

Hanizha Fatma, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 14 196 1991332 michelle-obama-bagikan-7-tips-hidup-lebih-bahagia-seperti-dirinya-t5Ze5jYH3t.jpg Michelle Obama (Foto: Independent)

BIOGRAFI Michelle Obama yang berjudul Becoming menjadi buku terlaris di AS. Dalam buku ini, Michelle menceritakan kisah hidupnya dari masa kecilnya yang dihabiskan bersama keluarganya di Chicago sampai menjadi Ibu Negara AS. Lewat tulisannya, Michelle membagikan kenangan sedih dan bahagia, ketakutan dan keraguan, kesulitan yang dihadapi, dan keputusan yang membantunya tetap kuat dan sukses meskipun mengalami sebuah hambatan.

Dilansir dari Bright Side, berikut cara yang dilakukan Michelle untuk membuat hidupnya lebih bahagia yang bisa kamu terapkan.

1. Jadikan kegagalan sebagai pembelajaran

Pada tahun 2016, Michelle Obama berpartisipasi dalam diskusi internasional tentang akses anak perempuan ke pendidikan. Dalam pidatonya, Michelle mendorong para siswi untuk saling mendukung dan tidak takut akan kegagalan.

 (Baca Juga:Kendall Jenner Jadi Model dengan Bayaran Tertinggi 2018)

“Satu-satunya cara kamu berhasil dalam hidup dan satu-satunya cara kamu belajar adalah dengan gagal,” kata Michele. “Ini bukan kegagalan, inilah yang kamu lakukan setelah kamu gagal. Apa kamu berhenti? Apa kamu menyerah? Atau kamu biarkan itu mendukungmu?” sambungnya.

Selain dalam pidato tersebut, mantan Ibu Negara AS juga menekankan dalam bukunya tentang pentingnya untuk melawan rasa takut akan kegagalan.

 

2. Jangan pernah melihat tantangan sebagai kerugianmu

Michelle Obama adalah wanita yang pasti tahu apa artinya mengatasi sebuah tantangan. Dalam bukunya dia menulis, “saya menjadi mahasiswa kulit hitam di sebuah perguruan tinggi yang kebanyakan berkulit putih. Saya telah menjadi satu-satunya wanita, satu-satunya orang Amerika Afrika di semua jenis ruangan,” ungkapnya.

Rintangan dan prasangka tidak akan menghancurkan wanita kuat seperti Michelle. “Kamu seharusnya tidak pernah melihat tantangan sebagai kerugian. Sebaliknya, penting bagimu untuk memahami bahwa pengalaman kamu menghadapi dan mengatasi kesulitan sebenarnya merupakan salah satu keuntungan terbesarmu. Dan saya tahu itu karena saya telah merasakannya sendiri,” kata Michelle saat menyampaikan pidato motivasi kepada para siswa.

 (Baca Juga:6 Tampilan Dita Soedarjo Berbalut Sabrina Outfit, Amboy Banget!)

 

3. Ketahui nilaimu dan jangan meminta maaf tentang siapa dirimu

Sangat menyedihkan karena kita hidup di dunia yang di mana seberapa banyak uang di rekening, latar belakang sosial, warna kulit, dan fisik menentukan bagaimana sikap satu sama lain. Banyak orang mendengar komentar yang menghakimi tentang diri kita. Saran dari Michelle tentang ini adalah selalu katakan pada diri sendiri “ini bukan tentang saya, ini adalah tentang orang yang mengatakan atau menulis ini.”

4. Belajar memprioritaskan dirimu

Menjadi anak perempuan, kemudian menjadi istri dan ibu membuat wanita sering menempatkan dirinya di akhir. Michelle mengakui bahwa pada tahap tertentu dalam pernikahannya, dia begitu tenggelam dalam kehidupan suaminya dan tidak peduli tentang kebahagiaannya sendiri.

Itu semua berubah ketika dia menyadari bahwa dia sendiri yang bertanggung jawab atas kebahagiaannya. Michelle memperkenalkan rutinitas barunya dengan kenyamanan putrinya serta dirinya merupakan fokus utama. Menurutnya ini jauh lebih masuk akal karena dia tidak ingin putrinya percaya bahwa kehidupan dimulai ketika pria tiba di rumah. Baginya, sekarang tugas seorang pria yang menyusul mereka.

 

5. Tetapkan tujuan baru dan hitung kemenanganmu

Sepanjang biografinya, Michelle berbicara tentang tujuan yang dia tetapkan pada periode yang berbeda dalam hidupnya. Dia terus berbicara pada dirinya “apakah saya cukup baik?”

“Selain sebagai mahasiswa perguruan tinggi, saya hidup seperti CEO setengah-setengah, diam-diam tetapi dengan fokus terpusat pada pencapaian, bertekad untuk memeriksa setiap daftar yang harus dilakukan, saya menilai tujuan saya, menganalisis hasil saya, dan menghitung keuntungan saya.”

6. Rencanakan hidupmu dan bertanggung jawab atas apa yang terjadi di dalamnya

Perencanaan itu penting. Itulah yang dikatakan Michelle. Yang dipelajari dalam keluarganya yaitu perencanaan dan kewaspadaan sangat penting.

7. Bersenang-senang selama masa sulit

Michelle sangat mengetahui betapa pentingnya untuk tetap di atas ketika kehidupan menjadi sulit. Kesenangan dan tawa memberimu kekuatan untuk mengatasi hambatan yang ada, dan menghibur orang sekitarmu. Michelle mengatakan bahwa hal ini tidak selalu cocok dengannya. Bahkan dari pengalamannya selama masa-masa sulit, dia masih tertawa demi anak-anaknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini