nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Kalap Belanja, Ini Peringatan Allah bagi Hambanya yang Boros

Salma Nafisa, Jurnalis · Minggu 16 Desember 2018 04:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 14 196 1991476 jangan-kalap-belanja-ini-peringatan-allah-bagi-hambanya-yang-boros-ngjgdzNIIP.jpg Peringatan Allah agar tidak boros (Foto:Google)

BULAN Desember ini menjadi bulan yang ditunggu-tunggu, sebab banyak sekali promo dan diskon di onlineshop ataupun toko-toko.

Belanja mungkin memang sesuatu hal yang menyenangkan dan Dimulai dari membeli barang sesuai kebutuhan hingga barang-barang yang mungkin tidak begitu kamu perlukan. Tanpa sadar uang yang kamu beli untuk semua barang itu menjadi habis, padahal kamu tidak perlu mengikuti semua hawa nafsu untuk terus belanja.

 

Agama Islam mengajarkan umatnya untuk menahan hawa nafsu termasuk nafsu untuk terus berlanja itu. Islam mengajarkan umatnya untuk disiplin dan melatih hawa nafsu agar tidak boros. Allah telah memperingatkan umatnya melalu hadist dan Quran.

Berikut ayat suci Al Quran yang mengingatkan umatnya agar tidak boros “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya." (QS. Al-Isra: 26-27)

Seperti yang dikutip dari berbagais sumber menurut Syaikh As Sa’di rahimahullah mengatakan, “Orang yang boros disebut temannya setan karena setan tidaklah mengajak selain pada sesuatu yang tercela. Setan mengajak manusia untuk pelit dan hidup boros atau berlebih-lebihan. Padahal Allah memerintahkan kita untuk bersikap sederhana dan pertengahan (tidak boros dan tidak terlalu pelit). Sebagaimana Firman Allah

وَالَّذِينَ إِذَا أَنْفَقُوا لَمْ يُسْرِفُوا وَلَمْ يَقْتُرُوا وَكَانَ بَيْنَ ذَلِكَ قَوَامًا (٦٧)

Al-Furqan : 67. (Dan orang-orang yang apabila membelanjakan) hartanya kepada anak-anak mereka (mereka tidak berlebih-lebihan dan tidak pula kikir) dapat dibaca Yaqturuu dan Yuqtiruu, artinya tidak mempersempit perbelanjaannya (dan adalah) nafkah mereka (di antara yang demikian itu) di antara berlebih-lebihan dan kikir (mengambil jalan pertengahan) yakni tengah-tengah.

 

Nah dari ayat suci Al Quran diatas dapat disimpulkan agar kamu bisa menyisihkan sebagian uangmu sehingga dapat meringankan beban orang disekitarmu, Alloh swt sudah memperingatkat jikalau umatnya tidak boleh boros. Dan lagi mereka yang boros termasuk saudara-saudara syaitan, naudzubillahimindalik.

Sehingga alangkah baiknya jika kamu menghitung dan mempertimbangkan untuk membeli hal-hal yang diperlukan saja, agar kamu tidak terus membeli hal-hal yang tidak diperlukan hal itu termasuk boros.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini