nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

80% Penyebab Utama Bau Mulut Bukan karena Makanan Loh

Romeldo Christian, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 10:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 14 481 1991157 80-penyebab-utama-bau-mulut-bukan-karena-makanan-loh-CwZaMaQskF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAU mulut tentu saja dapat membuat kita menjadi tidak pede ketika berhadapan dengan orang lain. Bau dari mulut tentunya dapat tersebar ke segala arah saat Anda berbicara.

Penyebab bau mulut ini juga sangat banyak, ada pula mitos yang menyangkutkan penyakit dengan bau mulut, seperti mag dan diabetes. Namun, tidak selamanya bau mulut disebabkan penyakit, tapi bisa juga dari makanan. Meski demikian, pada dasarnya penyebab utama bau mulut tidak hanya dari makanan, tapi lebih kepada faktor dalam tubuh.

“80 persen penyebab bau mulut berasa dari intra oral, alias berasal dari dalam rongga mulut. Selebihnya dari luar, misalnya makanan,” terang Drg. Rahmi Amtha, Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia.

Baca Juga: 5 Gaya Faye Nicole Jones yang Senang Pakai Baju Tanpa Lengan dan Hot Pants

Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi dibutuhkan untuk kesegaran mulut. Anda juga perlu menjaga keseluruhan kesehatan Anda, agar bau mulut tetap segar. Jika kesehatan Anda terjaga, maka tubuh pun akan lebih sedikit memproduksi zat-zat atau gas yang dapat naik ke mulut. bau.

Selain itu, Drg. Rahmi Amtha juga mengatakan sumber bau yang terbesar berasal dari gigi yang tidak terawat. “Karang gigi, karies gigi, atau lobang gigi adalah salah satu yang paling banyak memicu terjadinya bau mulut,” tambahnya.

Karenanya, jika ada karang yang menempel pada gigi Anda, juga tambalan gigi yang berlubang agar tidak ada bakteri menumpuk dan membuat mulut tidak segar.

Baca Juga: Faye Nicole Jones Artis Seksi Paling Dicari di Google, Senyumnya Bikin Meleleh!

Walau hanya sebagian kecil dari faktor, Anda juga tetap perlu menjaga makanan yang menyebabkan bau mulut tak segar. Drg. Rahmi Amtha mengatakan, penyebab bau mulut tak segar dapat berasal dari makanan, seperti bawang putih, bawang merah, petai, jengkol, dan durian. Minuman seperti kopi dan teh pun dapat memicu bau mulut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini