Basahi Bibir & Otot Menegang, Sederet Hal Aneh Terjadi pada Tubuh saat Musim Hujan

Pisca Azalea, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 12:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 14 481 1991226 basahi-bibir-otot-menegang-sederet-hal-aneh-terjadi-pada-tubuh-saat-musim-hujan-bNo2O9vMrz.jpg Membasahi bibir kerap dilakukan saat musim hujan? (Foto:Ist)

MEMASUKI musim hujan beberapa wilayah di Indonesia sudah diguyur hujan. Musim hujan ini membuat cuaca dan suhu menjadi dingin.

Seperti yang sudah kita ketahui cuaca yang dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Tapi tahukah Anda bahwa cuaca yang dingin tidak hanya membuat kulit menjadi kering saja loh.

Dilansir dari Best Health, Jumat(14/12/2018), ada beberapa hal yang yang terjadi pada tubuh kita pada saat cuaca dingin.

 

Terus membasahi bibir

 

Kebiasaan naluriah yang muncul ketika cuaca sedang dingin yakni sering membasahi bibir karena terasa kering. Padahal hal itu tidak membuat bibir menjadi lembab, karena air liur akan mengering dengan cepat dan hal itu akan memaksa Anda untuk terus membasahi bibir. Tapi tahukah Anda air liur mengandung enzim yang tidak menguap dan jenis enzim ini terlalu keras untuk kulit bibir yang halus, yang berarti ini tidak baik jika Anda terus menerus membasahi bibir.

"Dalam beberapa situasi, saya telah melihat anak-anak yang membasahi bibir mereka terlalu sering tanpa menerapkan apa pun dan akhirnya mereka benar-benar mengalami infeksi pada bibirnya," kata dokter gigi Aaron Mannella, DMD, dari Pediatric Dental Associates of Randolph.

Daripada menyebabkan bibir infeksi lebih baik gunakan lip balm agar kulit bibir Anda tidak kering dan tetap lembab.

Merusak gigi

Ketika meminum minuman dingin sering diantara kita merasakan nyeri atau ngilu pada gigi. Namun, hal ini juga dapat dipicu oleh udara dan cuaca dingin terutama jika yang memiliki masalah seperti fraktur gigi, mengikis gigi, atau masalah gusi seperti penyakit periodontal. Sebelum udara dingin lebih merusak gigi atau gusi Anda sehingga membuat tidak nyaman. Cobalah untuk membuat jadwal kunjungan ke dokter gigi untuk memeriksakannya.

(Baca Juga: Faye Nicole Jones Artis Seksi Paling Dicari di Google, Senyumnya Bikin Meleleh!)

(Baca Juga: 5 Zodiak Ini Gampang Banget Horny, Awas Kewalahan!)

Gula darah tinggi

"Pasien yang menderita diabetes harus sangat berhati-hati ketika menghadapi kondisi cuaca ekstrim," kata ahli endokrinologi, Dennis Gage dari Park Avenue Endocrinology & Nutrition . Cuaca ekstrem seperti suhu panas atau suhu dingin dapat mendorong tubuh untuk melepaskan hormon stres seperti kortisol dan ini dapat berkontribusi terhadap resistensi insulin.

Oleh karena itu, penderita diabetes harus bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca dingin dan hangat secara perlahan dan periksalah gula darah Anda lebih sering untuk memastikannya.

Rentan mengalami migran

Menunggu hujan di rumah membuat kita tidak mendapatkan vitamin D dari sinar matahari yang penting untuk tubuh. Vitamin D yang rendah bisa menjadi pemicu mengalami migran. Cuaca yang dingin tidak hanya menyebabkan dehidrasi tetapi juga dapat meningkatkan risiko migran.

Otot-otot menegang

 brutal man bodybuilder shows inflated muscles and an athletic figure. body part: washboard abs and broad shoulders. anatomical features of the male body

Di musim hujan dengan cuaca yang dingin membuat otot-otot tubuh akan menegang dan kaku. Oleh karena itu, Anda harus terus bergerak lebih seperti berolahraga untuk membuat otot-otot tidak menegang. Tetapi, sebelum berolahraga lakukanlah persiapan seperti pemanasan agar saat menarik otot tidak akan membuat otot rusak dan cedera.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini