Berat Badan Tak Pernah Stabil, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuh

Abdul Razak, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 14 481 1991490 berat-badan-tak-pernah-stabil-ini-yang-bakal-terjadi-pada-tubuh-hqy47NlbCe.jpg Berat badan tak pernah stabil, hati-hati pada kondisi ini (Foto: Vixen Daily)

MASALAH berat badan biasanya menjadi sebuah polemik bagi setiap orang. Karena itu, Anda harus bisa mengontrol berat badan tersebut.

Mengontrol berat badan adalah cara terbaik agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Minimal, jika sudah turun, minimal beratnya stabil dan tidak berubah-ubah.Ternyata, ada satu kondisi di mana kesehatan bisa terancam, yakni perubahan berat badan tak pernah stabil, alias cenderung naik turun dalam kurun waktu singkat.

Menurut dr Michael Triangto, SpKO jika berat badan selalu naik dan turun, Anda harus berhati-hati. Karena bisa menyebabkan komposisi lemak semakin bertambah, namun komposisi otot semakin melemah. Bahkan membuat metabolisme tubuh semakin berkurang.

 BACA JUGA:

Sedapnya Mi Bakso Ekstra Pedas dan Pangsit Goreng Isi Daging Ayam, Nendang Banget!

"Bagi yang sering naik dan turun berat badannya itu bahaya. Karena bisa membuat komposisi lemaknya jauh lebih meningkat, ototnya semakin melemah, dan membuat metabolisme berkurang, walaupun berat badannya stabil," ujar dr Michael di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

 

Selain itu dokter Kesehatan Olahraga ini menambahkan, risiko lain yang menyebabkan naik dan turun berat badan yaitu dapat mengakibatkan mudah lelah, mudah ngantuk, dan sebagainya.

Oleh karena itu, dr Michael menghimbau untuk berhenti melakukan pola hidup seperti itu. Anda juga harus bisa mengontrol berat badan dengan cara olahraga yang teratur dan menjaga pola makan.

"Bagi teman-teman yang sering naik-turun berat badannya, tolong hentikan untuk hidup seperti itu. Mari lakukan pola hidup sehat dengan mengontrol berat badan agar semuanya seimbang," papar dr Michael.

 BACA JUGA:

5 Penampilan Kece Denny Sumargo, Bikin Cewek-Cewek Meleleh!

Sudah sepatutnya Anda harus mengontrol berat badan. Hal itu dilakukan agar tetap sehat dan terhindar dari bahayanya, yang diakibatkan naik dan turunya berat badan tubuh.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini