nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Resep Bikin Mac and Cheese untuk si Kecil di Weekend Ini

Pisca Azalea, Jurnalis · Sabtu 15 Desember 2018 08:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 15 298 1991616 resep-bikin-mac-and-cheese-untuk-si-kecil-di-weekend-ini-6hWozpS2rs.jpg Mac and Chese (Foto: Allrecipes)

Saat ini hampir setiap hari wilayah Indonesia diguyur hujan, daripada bosan menunggu hujan reda, yuk coba buat camilan sendiri. Mac and cheese bisa menjadi salah satu pilihan camilan yang bisa dicoba buat sendiri loh selain mudah dan praktis, bahannya pun tidak terlalu sulit.

Tidak hanya lezat, nutrisi yang terkandung didalamnya juga banyak dan baik untuk tubuh. Seperti keju yang mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk tulang.

 

Bahan-bahan:

makaroni sesuaikan kebutuhan

1/4 cup mentega

1/4 cup tepung serbaguna

1/2 sendok teh garam

2 cangkir susu

lada hitam bubuk secukupnya

Keju cheddar yang sudah diparut secukupnya

Cara membuat:

Isilah panci besar dengan air dan masak sampai air mendidih. Setelah mendidih masukkan makaroni ke dalam air mendidih selama 8 menit, jangan lupa untuk mengaduknya sesekali. Jika dirasa sudah matang, angkat dan tiriskan.

Kemudian lelehkan mentega dalam wajan di atas api sedang, lalu masukkan tepung terigu, garam, dan merica aduk sekira 5 menit. Perlahan tuangkan susu ke dalam campuran mentega dan tepung tadi sambil terus diaduk sampai campuran halus dan mengental, sekitar 5 menit. Setelah itu tambahkan keju cheddar ke campuran susu dan aduk terus sampai keju meleleh, aduk sekira 2 hingga 4 menit.

Terakhir masukkan makaroni, kemudian diaduk sebentar. Kemudian, angkat dan sajikan selagi hangat bisa juga dengan menambahkah keju parut lagi atau saus sambal.

Tidak lengkap rasanya jika makan mac and cheese tanpa minumannya. Minuman ini cocok untuk menemani makan mac and cheese,yakni cucumber mint lemonade. Tentunya bahan-bahannya pun tidak sulit, mudah dan praktis dibuat.

Bahan-bahan

1 mentimun Inggris

1 cangkir perasan jus lemon

3/4 gula atau pemanis yang disukai

Daun mint segar secukupnya

6 gelas air atau air soda

1 lemon besar

Cara membuat :

1. Potong setengah mentimun. Iris mentimun bulat kecil-kecil, kemudian masukkan ke dalam panci.

2. Tambahkan perasan jus lemon, gula, dan setengah daun mint ke dalam panci.

3. Tempatkan dan panaskan panci tersebut di atas api sedang. Masak sampai gula larut dengan sempurna, tetap aduk sesekali, masak sekitar 5-7 menit. Jika sudah larut matikan.

4. Tuangkan cairan yang sudah matang tadi ke dalam teko atau bisa langsung ke dalam gelas Anda. gunakan saringan halus untuk membuang mentimun dan mint .

5. Kemudian iris setengah mentimun yang tersisa dan Iris lemon.

6. Setelah itu tambahkan air, es batu, irisan mentimun, irisan lemon, dan daun mint yang tersisa kedalam teko atau gelas Anda.

7. Hidangkan dingin.

 
1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini