nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mencampurkan Bir ke Dalam Masakan Bikin Rasa Masakan Lebih Nendang Lho!

Pisca Azalea, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 07:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 16 298 1992102 cocokkah-mencampurkan-bir-ke-dalam-masakan-indonesia-oXGwDNfnwk.jpg Mencampurkan Bir dengan Masakan (Foto: Pixabay)

MEMASAK bukan lagi menjadi kegiatan yang biasa tetapi bagi sebagian orang sudah menjadi hobi. Jangan salah hobi memasak bukan hanya untuk para wanita saja karena sekarang sudah banyak para pria yang mempunyai hobi memasak. Dengan memasak kita bisa menyalurkan ide kreatif kita yang kemudian dituangkan ke dalam masakan yang dibuat.

Terkadang sering dari kita mencampurkan berbagai bahan ke dalam masakan yang dibuat untuk mengeksplorasi rasa dan menciptakan rasa baru. Hal ini juga bisa untuk melatih lidah supaya kita tau rasa mana yang mau kita tonjolkan dari sebuah makanan.

Baca juga: Adik Emil Dardak Meninggal, Garis Tipis 'Kenikmatan' dan Kematian Hirup Helium

Misalnya saja kalau di luar negeri, teknik memasak bisa dengan mencampurkan wine atau bir. Namun, hal ini di Indonesia mungkin masih aneh, seperti yang dikatakan Chef Martin Praja saat ditemui Okezone pada acara “Eksplorasi Rasa Bersama Bintang Radler Sebagai Teman Makan”, Gandaria City, Jakarta Selatan, belum lama ini.

“Sebenarnya di Indonesia agak kurang jika memasak dengan mencampurkan wine atau bir, tapi untuk di luar negeri banyak sekali makanan yang bisa dimasak menggunakan beer entah itu ayam, ikan, atau daging sapi karena sebenarnya semua olahan makanan bisa dibuat dengan mencampurkan bir,” kata Chef Martin.

Ya, sebenarnya mungkin bagi orang Indonesia makanan yang dimasak menggunakan beer itu adalah hal baru namun, itu juga bisa jadi hal yang nantinya bisa diterima. Dengan menambahkan bir pada masakan apakah hal itu dilakukan untuk menambah rasa? Atau untuk mempengaruhi tekturnya?

Seperti yang dijelaskan Chef Martin, kalau biasanya kita merebus daging dengan menggunakan air, nah jika menggunakan bir itu dimaksudkan untuk menonjolkan rasa dari bir itu sendiri. Perlu diketahui juga nih, bir yang mengandung alkohol saat dimasak maka alkoholnya akan menguap dan menghilang jadi yang tersisa adalah rasa dari birnya sendiri.

“Memasak dengan mencampurkan bir juga dapat mempengaruhi tekstur, karena dari bir sendiri mempunyai rasa khasnya dan kandungan sendiri nah itu yang membuat misalnya jika kita mengolah daging ayam atau sapi bisa melembutkan tekstur dagingnya menjadi lebih empuk dan lebih meresap ke dalam ketimbang dimasak dengan air atau kaldu,” tambah Chef Martin.

Lalu adakah makanan Indonesia yang cocok dimasak dengan mencampurkan bir? Menurut Chef Martin ada beberapa makanan yang mungkin bisa dicoba dan dimasak dengan dengan mencampurkan bir, yakni sup ayam , sup ikan atau rendang juga bisa. Wah, hal ini tentunya bisa jadi inspirasi baru nih buat kamu yang hobi memasak.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini