Mitos Seputar Kuku, Goresan Putih di Kuku Apa Artinya?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 17 194 1992469 mitos-seputar-kuku-goresan-putih-di-kuku-apa-artinya-ItwZLxMUV3.jpg Tanda putih di kuku itu artinya apa (Foto: Hessionhairdressing)

KAUM wanita memang lebih memperhatikan soal kesehatan dan keindahan kuku. Namun tak jarang, mereka yang ingin meningkatkan kesehatan kukunya, sering dihadapkan pada situasi yang membuat bingung karena bertemu dengan banjir informasi yang saling bertentangan di dunia maya.

Nah, agar tak menjadi semakin bingung, sejumlah ahli telah menemukan beberapa mitos yang paling umum di seputar kuku. Apa saja mitos paling umum soal kuku ini? Ini dia uraian singkat empat mitos paling umum seputar kuku.

BACA JUGA:

DJ Butterfly Doyan Banget Makan Petai, Lihat Ekspresinya Bikin Ngiler!

Tanda putih di kuku

Jika Anda pernah melihat tanda-tanda putih muncul di kuku Anda, kemungkinan yang terjadi karena tubuh kekurangan mineral. Namun, guratan atau bintik-bintik ini tidak selalu karena kekurangan nutrisi! Umumnya, hal itu terjadi karena kuku mengalami cedera.

Perlu diketahui, kuku itu sendiri terdiri dari 100 lapis jaringan yang padat. Jika udara terperangkap di antara lapisan dan kuku rusak dalam beberapa cara, inilah yang bisa memunculkan tanda titik atau garis putih kecil. Memar kecil pada kuku ini, yang juga dikenal sebagai leukonychia, dan tidak perlu dikhawatirkan.

Kuku hanya boleh dikikir ke satu arah

Mengikir kuku dalam satu arah saja, terutama jika kita sedang mencoba memangkasnya jadi pendek adalah hal yang tidak perlu, itu juga memakan waktu. Untuk melewati panjangnya, kikir kuku ke depan dan belakang, serta sisi ke sisi, lalu akhiri dengan beberapa usapan ke satu arah. Ini akan memastikan di kuku kita tidak akan tertinggal dengan 'potongan kecil' yang tergantung di bagian bawah kuku.

 

Kuku butuh istirahat dari polesan kuteks

Ada suatu masa ketika cat kuku terisi padat dengan segala macam bahan kimia yang berpotensi berbahaya. Namun, kemajuan dalam formula cat kuku bukan berarti kuku tak masalah jika selalu diberi polesan kuteks. Perlu diketahui, kuku tidak bernafas dengan cara yang sama seperti jaringan tubuh lainnya, tetapi dipengaruhi oleh air. Maka dari itu, selalu disarankan paling tidak untuk selalu memakai base coat di kuku saat menggunakan kuteks. Agar kuku tetap sehat dan terawat.

BACA JUGA:

Masker Wajah 'Nuklir' Kim Jong-un Laris Manis di Korea Selatan, Seperti Apa?

Lampu UV untuk kuku dapat menyebabkan kanker

Sinar UV, atau sinar ultraviolet adalah bentuk cahaya yang paling tidak terlihat yang hadir di bawah sinar matahari, lampu tanning, dan nail-polish lamps yang digunakan untuk kuku. Disebutkan Iman Davomoni dari Pure Purpose Speaked ke Daily Mail Australia, sinar yang dipancarkan oleh lampu dianggap cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan yang nyata. Jadi, ketika kita merasa khawatir tentang hal ini, minta teknisi kuku untuk menggunakan lampu LED sebagai gantinya. Demikian seperti disitat Dailymail.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini