Cara Memasang Lampu pada Pohon Natal yang Benar Menurut Ahli

Blenda Azaria, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 17 196 1992601 cara-memasang-lampu-pada-pohon-natal-yang-benar-menurut-ahli-J0C0Y76Wwf.jpg Ilustrasi (Foto: History)

NATAL adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh hampir semua umat Kristiani di dunia. Natal identik dengan kado natal, pesta meriah, kue cokelat, kartu ucapan, dan pastinya pohon natal.

Dilansir dari Independent UK, Senin (17/12/2018), baru-baru ini, Google mengungkapkan hal yang paling sering di-googling di Inggris dan salah satu dari daftar 10 besarnya adalah ‘bagaimana cara memasang lampu pada pohon natal?’.

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak orang yang belum mengerti secara benar bagaimana cara yang tepat untuk memasang lampu pada pohon natal. Untuk itu, beberapa ahli membeberkan caranya:

Tentukan tema terlebih dahulu

Bahkan sebelum kamu membeli lampu natal, hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah menentukan tema yang diinginkan.

“Pikirkan atmosfer apa yang ingin kamu buat, entah itu warm tone atau cool tone di ruanganmu,” saran Desainer Zoe Bradley yang mendesain pohon natal untuk Hotel London Edition tahun ini.

 (Baca Juga:Berbiaya Rp17 Miliar, Air Mancur Menari "Semarang Bridge Fountain" Seindah di Sungai Han Korea)

Russell New, desainer bunga indoor di Cliveden House juga memberikan tanggapannya. “Lampu putih terang akan memberi kesan dingin dan lebih kontemporer, sedangkan lampu putih hangat lebih tradisional dan menghasilkan efek lembut,” ujar Russell.

Kamu juga harus memikirkan tinggi dan lebar pohon natalmu. Misalnya, pohon setinggi 14 kaki yang berada di lorong Hotel London Edition tahun ini memiliki sekitar 1000 lampu dan didekorasi dengan lebih dari 160 ornamen snowflakes yang dibuat dengan tangan.

Menurut Russell, untuk pohon yang kecil, gunakanlah lampu bohlam mikro yang lebih kecil untuk dipasang di dahan. Lalu, untuk pohon yang lebih besar dari 6 kaki, pilihlah bohlam berkepala besar.

Perlu diingat bahwa pohon asli akan membutuhkan lebih banyak lampu karena memiliki cabang yang lebih banyak.

 (Baca Juga:4 Lokasi Syuting 'Aquaman' yang Indah, Bisa Dimasukkan ke Bucket List Tahun Depan)

Pikirkan daya listrik

Pertama, kamu harus memilih posisi untuk meletakkan pohon natalmu agar dekat dengan stop kontak. Russell menyarankan agar memberi ruang yang cukup untuk berjalan di sekitar pohon untuk mendekorasinya. Untuk lampunya, biarkan dalam gulungan dan lilit secara perlahan-lahan di sekitar pangkal pohon.

 

Rapikan kabel

Russell menyarankan agar menyelipkan lampu di sepanjang pohon. "Untuk pohon asli, ambillah lampu dan mulai lilit dari batang pohon, lalu keluar di sepanjang dahan, dan lilit lagi ke batang pohon dengan gerakan melingkar, teruskan sampai Anda mencapai puncak," katanya.

"Memang, teknik ini akan menggunakan lebih banyak cahaya tetapi juga akan memberikan ilusi lebih mendalam pada pohon. Anda juga akan dapat melihat lebih banyak dekorasi karena akan menerangi lebih banyak bagian dari pohon."

Namun, kalau kamu menggunakan pohon palsu, kamu bisa menempatkan lampu di sepanjang ujung dahan, karena pohon jenis buatan biasanya berbentuk cone.

Tutupi kesalahan

Jika kamu tidak sengaja melakukan kesalahan saat memasang lampu, kamu bisa mengakalinya dengan beberapa dekorasi lain.

“Saya pikir Anda dapat melakukan banyak hal lewat dekorasi untuk menyembunyikan kesalahan," ungkap Zoe.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini