nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Gengsi Makan Jengkol, Jajal 5 Kuliner Kekinian dari Jengkol

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 15:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 17 298 1992432 jangan-gengsi-makan-jengkol-jajal-5-kuliner-kekinian-dari-jengkol-xZar6I6ado.jpg Rendang jengkol (Foto:Instagram/resepyummy)

BANYAK orang yang enggan mengonsumsi jengkol karena identik dengan bau tak sedap. Padahal, jika diolah dengan benar, makanan kaya nutrisi ini bisa dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Bahkan, Presiden Joko Widodo pun sudah mengakui keistimewaan jengkol saat memberikan pembekalan kepada para calong anggota legislatif partai politik pendukungnya di Provinsi, Jambi, Minggu 16 Desember 2018.

Dalam pidatonya, Jokowi menghimbau agar para petani di Indonesia mulai menanam jengkol dan petai sebagai komoditas alternatif. Hal ini disebabkan harga kelapa sawit yang terus merosot akibat dampak perekonomial global. Terlepas dari pernyataan tersebut, jengkol sejatinya memang dapat diolah sedemikian rupa, mulai dari burger, steak, pasta, dan nugget.

Penasaran seperti apa kreasi jengkol kekinian? Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Senin (17/12/2018).

Steak jengkol

Selama ini yang kita ketahui, steak diolah menggunakan bahan dasar daging sapi dan ayam. Tapi siapa sangka, kuliner khas western itu juga bisa dikreasikan dengan berbagai bahan makanan lainnya, termasuk jengkol. Untuk membuat steak jengkol, teknik pengolahannya terbilang sederhana. Anda hanya perlu merebus atau mengukus jengkol hingga halus, setelah itu haluskan jengkol hingga menghasilkan satu adonan penuh. Kemudian, Anda bisa langsung memanggang adonan jengkol seperti sedang memanggang daging steak. Agar rasanya lebih nendang, jangan lupa beri tambahan bumbu dan saus pelengkap. Mudah bukan?

 

(Ilustrasi)

Burger jengkol

Kalau jengkol bisa diolah menjadi steak, bahan makanan ini tentu juga dapat dijadikan campuran patty pada burger. Teknik pengolahannya tidak jauh berbeda dengan daging jengkol. Jengkol yang telah dipanggang, Anda bisa menyajikannya dengan bahan-bahan pelengkap seperti bun (roti burger), sayuran segar, saus tomat dan cabai, serta mayones. Tunggu apalagi?

 

 (Ilustrasi)

Pasta jengkol

Nah, bagi para pencinta pasta tidak perlu berkecil hati. Anda juga bisa loh menikmati hidangan khas Italia itu dengan sedikit sentuhan kearifan lokal. Cukup tambahkan jengkol yang sudah cincang ke dalam saus marinara, lalu tuangkanlah saus tersebut di atas pasta favorit Anda. Namun sebelumnya, Anda harus menghilangkan terlebih dahulu aroma jengkol yang menyengat dengan cara merebus atau mengukusnya.

 


Nugget jengkol

Pernah kepikiran bikin nugget dari jengkol? Makanan ini memang umumnya terbuat dari daging ayam yang telah dihaluskan, lalu dicampur dengan tepung. Tapi sebetulnya, Anda juga bisa bereksperimen menggunakan jengkol sebagai pengganti daging ayam. Tentu dibutuhkan campuran bumbu rempah-rempah, agar rasanya lebih nikmat dan menggugah selera.

Rendang jengkol

Sebagai makanan terlezat di dunia, tak heran jika rendang sering dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Bahkan, berdasarkan asal usulnya, rendang atau marandang adalah teknik memasak khas Minangkabau yang telah dilakukan sejak berabada-abad silam. Dengan kata lain, bahan dasar yang digunakan pun tidak melulu daging sapi, ikan, atau ayam. Anda juga bisa membuat olahan rendang jengkol. Perpaduan bumbu rempah-rempah yang lezat dengan daging jengkol yang empuk, tentu akan menghasilkan sensasi rasa unik dan bisa bikin siapa saja ketagihan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini