Nyanyian 'Makan Anjing Sayur Kol' Dikecam, Berikut 5 Manfaat Memelihara Anjing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 11:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 17 481 1992201 nyanyian-makan-anjing-sayur-kol-dikecam-berikut-5-manfaat-memelihara-anjing-QMsxPPcB99.jpeg Bermain dengan anjing (Foto: Pexels)

MEMELIHARA hewan peliharaan adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Bentuk mereka yang lucu dan menggemaskan seakan menjadi hiburan tersendiri bagi Anda.

Ya, salah satu hewan peliharaan yang paling menarik untuk dipelihara adalah anjing. Mereka memiliki kecerdasan yang sangat tinggi sehingga mudah untuk dilatih. Selain itu, mereka juga ahli dalam melalukan berbagai macam hal. Salah satunya adalah menjaga rumah.

Meski demikian, dari segudang kemampuan yang dimiliki oleh mereka, memelihara anjing juga memiliki banyak dampak positif bagi manusia. Tanpa disadari mereka berperan aktif bagi kehidupan yang lebih baik. Melansir dari HuffPost, Senin (17/12/2018), Okezone akan membahas 5 manfaat memelihara anjing.

Baca juga: Faye Nicole Jones Artis Seksi Paling Dicari di Google, Senyumnya Bikin Meleleh!

1.Menjaga kesehatan jantung

Anjing tidak hanya mengisi hatimu, tapi mereka juga bisa membuat jantung lebih kuat. Studi menunjukkan bahwa memelihara anjing terhubung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol, dan menurunkan kadar trigliserida, yang berkontribusi terhadap kesehatan kardiovaskular yang lebih baik.

Orang yang memelihara anjing, secara keseluruhan lebih sedikit mengalami serangan jantung. Terlebih lagi, pemilik anjing yang memiliki serangan jantung memiliki tingkat ketahanan hidup yang lebih baik setelah memelihara hewan yang satu ini.

Baca juga: Heboh Lagu 'Makan Anjing Pakai Kol', Ini Hukumnya Makan Daging Anjing Menurut Islam

2.Membantu Anda lebih aktif

Pakar kesehatan merekomendasikan bahwa orang dewasa memiliki sekitar 2 jam dan 30 menit waktu berolahraga per minggu. Pemilik anjing lebih mungkin untuk mencapai tujuan itu.

Sebagaimana diketahui, anjing adalah hewan yang sangat aktif. Sebagai pemilik, tentunya mereka akan sangat senang saat membawa anjingnya pergi berjalan-jalan. Alhasil Anda secara tak langsung telah melakukan olahraga ringan bersama anjingnya.

3.Membantu menurunkan berat badan

Penelitian telah berulang kali menemukan bahwa anjing dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena mereka memaksa Anda untuk melakukan aktivitas fisik sedang selama 10, 20, dan bahkan 30 menit setiap hari. Bahkan, pada 2010, satu penelitian kecil menemukan warga perumahan yang berjalan dengan anjing lima kali seminggu kehilangan rata-rata 14,4 pound selama satu tahun.

4.Meningkatkan kehidupan sosial Anda

Seiring bertambahnya usia, semakin sulit Anda untuk keluar dan bertemu orang-orang. Tidak demikian bagi pemilik anjing. Para peneliti telah menemukan bahwa sekira 40 persen pemilik anjing dapat membuat Anda lebih mudah berteman. Mereka akan berbicara dengan pemilik anjing lain selama berjalan.

5.Mengurangi stres

Ada alasan mengapa terapi anjing sangat efektif. Menghabiskan hanya beberapa menit dengan hewan peliharaan dapat menurunkan kecemasan dan tekanan darah, dan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin, dua zat kimia saraf yang memainkan peran besar dalam ketenangan dan kesejahteraan.

Orang-orang yang melakukan tugas-tugas dibawah tekanan, menjadi lebih baik ketika ada anjing di sekitar mereka dan penelitian juga menunjukkan bahwa anjing dapat mengurangi ketegangan baik di kantor maupun antara pasangan yang sudah menikah.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini