nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daun Kemangi si Ratu Herbal, Manfaatnya Bikin Tercengang, Anti Jerawat hingga Kanker

Noor Chotijah , Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 10:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 17 481 1992226 daun-kemangi-si-ratu-herbal-manfaatnya-bikin-tercengang-anti-jerawat-hingga-kanker-ySDYkHpnOr.jpg Daun Kemangi (Foto: Stylecraze)

DAUN kemangi dianggap sebagai ramuan Ayurvedic, obat yang paling suci, sehat dan efektif di dunia lantaran segudang manfaatnya. Tanaman yang sangat mudah tumbuh di segala musim ini juga sangat mudah ditemukan dan dikonsumsi.

Daun kemangi jamak kita temukan dalam sajian olahan makanan, juga memiliki cita rasa yang begitu nikmat dengan aroma wangi yang khas. Faktanya daun kemangi memang tak hanya jadi pelengkap hidangan, manfaatnya untuk kesehatan begitu nyata.

Di antara segudang manfaat kemangi yang paling menonjol adalah dapat digunakan untuk mengobati jerawat, pilek, sakit kepala, gas usus, perut kejang dan lain-lain.

Ramuan aromatik dari keluarga mint ini juga bakal mengejutkan Anda dengan kelimpahan manfaat dan kebaikan yang terkandung. Nilai gizi pada daun kemangi sangat banyak, 100 gram daun basil memiliki 22 kalori. Nutrisi lainnya adalah 0,64 gram lemak; 0,034 miligram tiamin; 0,076 miligram riboflavin; 0,902 miligram niacin; 0,209 miligram asam pantotenat (B5); 0,155 miligram vitamin B6; 0,80 miligram vitamin E dan masih banyak lagi, sehingga daun kemangi memiliki julukan ratu herbal.

Berikut beberapa manfaat daun kemangi yang perlu Anda diketahui dilansir dari Boldsky, Senin (17/12/2018):

1. Mencegah pertumbuhan bakteri


Kemangi dapat membantu mencegah tubuh Anda dari pertumbuhan bakteri berbahaya. Minyak volatil seperti estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene, dan limonene dinyatakan telah mampu menahan pertumbuhan bakteri. Studi mengungkapkan bahwa minyak ini lebih efektif daripada perawatan antibiotik.

2. Kaya akan antioksidan


Daun kemangi membantu tubuh Anda dalam melawan sel radikal bebas yang dapat merusak struktur dan sel DNA. Sifat antioksidan flavonoid yang larut dalam air, viceninare dan orientin akan melindungi sel darah putih dari kerusakan apa pun. Antioksidan membatasi perubahan kromosom yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker dan mutasi sel.

3. Bertindak sebagai herbal adaptogen

Tanaman yang mendukung sistem adrenal Anda dan membantu mengurangi tingkat stres harian. Mengkonsumsi daun kemangi akan membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan aktivitas antioksidan Anda.

4. Melindungi terhadap diabetes 


Dalam kasus diabetes, bantuan daun kemangi dapat mengurangi kadar glukosa dalam darah Anda. Minyak esensial dalam daun basil dapat membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan risiko bagi pasien diabetes.

5. Membantu fungsi hati

Menjadi hepatoprotektif di alam, daun kemangi sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Dengan memproduksi enzim detoksifikasi, membantu meningkatkan fungsi hati. Ini akan menciptakan pertahanan antioksidan yang lebih baik dan mengurangi tingkat lemak yang menumpuk di hati.

6. Meningkatkan kekuatan tulang


Menjadi sumber yang sangat baik dalam vitamin K, daun kemangi dapat meningkatkan kepadatan tulang Anda. Ini dapat membatasi perkembangan tulang yang rapuh dan cedera yang berkaitan dengan tulang, terutama dalam kasus wanita.

7. Meningkatkan kualitas kulit

Unsur-unsur antibakteri dan antijamur dapat membantu menghilangkan jerawat, dan komedo. Sifat antibiotik memainkan peran utama dalam membatasi pertumbuhan bakteri B. anthracis dan E. coli yang menyebabkan infeksi kulit. Demikian juga, konsumsi daun kemangi secara teratur dapat meningkatkan gejala vitiligo dan mengobati eksim.

(Baca Juga: Selebgram Ini Berpose di Antara Ribuan Sampah di Pantai Bali, Fotonya Menyedihkan!)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini