nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Minta Petani Tanam Jengkol & Petai, Ini 5 Manfaat Sehatnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 17 Desember 2018 11:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 17 481 1992237 presiden-jokowi-minta-petani-tanam-jengkol-petai-ini-5-manfaat-sehatnya-37G6dahdNA.jpg Manfaat jengkol dan petai (Foto:Indokitchen)

PRESIDEN Joko Widodo meminta agar para petani di Indonesia mulai menanam jengkol dan petai. Pernyataan itu ia ungkapkan saat memberikan pembekalan kepada para calong anggota legislatif partai politik pendukungnya di Provinsi, Jambi, Minggu 16 Desember 2018.

Menurutnya, harga kelapa sawit yang terus merosot akibat dampak perekonomian global, lambat laun akan memengaruhi perekonomian negara. “Lahan kita malah ditanami sawit semua. Begitu harga sawit jatuh, sakit semua. Sawit semua, ya sakit semua,” tegasnya.

 Selebgram Ini Berpose di Antara Ribuan Sampah di Pantai Bali, Fotonya Menyedihkan!

Pemilihan jengkol dan petai sebagai komoditas alternatif bukan tanpa sebab. Meski jengkol dan petai sering dianggap remeh, harga bahan makanan ini justru dapat bersaing dengan komoditas lain seperti kopi dan kayu manis.

Tidak hanya itu, jika ditelisik dari segi kesehatan, jengkol dan petai sebetulnya memberikan berbagai manfaat kesehatan yang mungkin selama ini tidak diketahui banyak orang. Berikut 5 manfaat kesehatan jengkol dan petai yang berhasil dirangkum Okezone dari Steemit, Senin (17/12/2018).

Membantu pembentukan jaringan tubuh

Kandungan protein yang terdapat pada jengkol dan petai dapat membantu pembentukan jaringan di dalam tubuh. Kandungan protein jengkol pun diklaim lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kedelai.

Mencegah anemia

Jengkol juga kaya akan zat besi yang berperan penting dalam mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah dalam tubuh. Anda tentu bahwa ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah akan berkurang. Akibatnya, suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuh oleh setiap sel akan berkurang.

Hal ini akan menyebabkan menurunnnya fungsi atau kinerja sel di dalam tubuh. Jadi jangan heran ketika seseorang kekurangan zat besi, dia akan terlihat lemah, mudah lelah, dan putus asa. Bagi para kaum wanita yang sedang menstruasi sangat disarankan mengonsumsi jengkol, mengingat jumlah darah yang keluar dari tubuh terbilang banyak.

Memperkuat tulang dan gigi

Selain zat besi dan protein, jengkol diklaim mengandung kalsium dan fosfor yang sangat tinggi. Dua zat inilah yang digadang-gadang dapat menjaga kesehatan, serta memperkuat tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor juga dapat mencegah tulang rapuh (osteoporosis). Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi jengkol sebagai salah satu makanan utama.

 Selebgram Ini Berpose di Antara Ribuan Sampah di Pantai Bali, Fotonya Menyedihkan!

Membasmi radikal bebas

Jengkol mengandung beberapa vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan dapat meningkatkan ketajaman indera penglihatan. Vitamin A dan C juga berfungsi sebagai antioksidan. Seperti diketahui, antioksidan diketahui sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Merampingkan perut

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jengkol ternyata dapat membantu merampingkan perut. Kandungan seratnya tinggi dapat memperlancar pencernaan di dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung membuat perut menjadi lebih langsing. Perlu diingat, salah satu penyebab seseorang memiliki perut yang besar (buncit) adalah karena BAB yang tidak lancar dan teratur.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini