nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Penyakit Batu Ginjal? Baiknya Hindari 5 Makanan Ini

Abdul Razak, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 08:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 17 481 1992566 punya-penyakit-batu-ginjal-baiknya-hindari-5-makanan-ini-PrYC3pYMwF.jpg Makanan tidak sehat untuk ginjal (Foto: Citydaily)

GINJAL adalah organ manusia yang melakukan pekerjaan sulit. Ginjal melakukan pekerjaan dengan memfilter kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal juga berperan sebagai penjaga keseimbangan cairan tubuh secara keseluruhan.

Ginjal sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Ginjal dirancang untuk menangani masalah pada tubuh, tetapi ginjal juga bisa mengalami kerusakan, penyakit batu ginjal misalnya.

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa beberapa makanan ini dapat memperparah dan menimbulkan penyakit pada ginjal Anda. Dilansir dari Health and Human, Ini 5 makanan yang musti Anda hindari demi Ginjal yang sehat.

BACA JUGA:

Ramalan Zodiak Pekan Ini, Gemini Sibuk Mikirin Mantan

Kacang

Jika Anda mempunyai penyakit batu ginjal, sebaiknya jangan pernah memakan kacang lagi. Karena kacang mengandung kategori mineral yang disebut oksalat. Kacang memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi, jika jumlah oksalat meningkat dalam urin maka nanti oksalat tersebut akan berikatan dengan kalsium dan membentuk batu.

Bila Anda tidak mempunyai penyakit batu ginjal, maka cobalah untuk makan dengan seimbang. Anda tentu boleh menkonsumsi kacang tetapi tidak secara berlebihan. Pilihlah makanan lain, seperti sayuran, dan makan kacang hanya dalam jumlah sedang.

Daging

Cobalah untuk menghindari makan daging. Ternyata selain kacang, daging juga bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Daging mengandung sejumlah protein yang besar. Protein sangat penting untuk proses pertumbuhan dan kesehatan otot. Pola makan tinggi protein hewani ternyata meningkatkan risiko batu ginjal.

 

Garam

Garam mempunyai manfaat yang baik untuk keseimbangan cairan dalam tubuh Anda, garam juga punya peran penting dalam ginjal. Tetapi kebanyakan dari Anda terlalu banyak mengkonsumi garam dalam makanan. Sodium yang biasa terdapat dalam garam cenderung memicu peningkatan kadar kalsium dalam urin. Maka dari itu Anda perlu menyeimbangi makanan bergaram.

Kopi dan Teh

Kopi dan teh kaya akan kandungan mineral dan kafeinnya sehinga jika Anda terlalu sering mengkonsumsinya, kandungan tersebut bisa mengendap menjadi sedimen yang membentuk batu ginjal. Untuk menghilangkapn endapan yang berasal dari makanan atau minuman yang Anda konsumsi, cobalah lebih sering mengkonsumsi air putih secara rutin agar membantu menyeimbangi kondisi tubuh Anda.

BACA JUGA:

5 Gaya Penampilan DJ Butterfly dengan Outfit Serba Hitam, Cantiknya Kebangetan!

Cokelat

Cokelat juga berbahaya bagi Anda penderita penyakit batu ginjal. Cokelat diketahui mempunyai kandungan oksalat yang bisa membuat keadaan ginjal Anda semakin parah. Mulai untuk menghindari memakan cokelat untuk kesehatan Anda kedepan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini