nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obat Alami untuk Atasi Alergi Kerang

Noor Chotijah , Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 08:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 17 481 1992595 obat-alami-untuk-atasi-alergi-kerang-8HbKvC6U9u.jpg Ilustrasi (Foto: Verywell)

ALERGI makanan kadang-kadang bisa memburuk sedemikian rupa, sehingga dapat menyebabkan kematian seorang. Beberapa makanan umum yang menyebabkan alergi adalah susu, telur, kacang pohon, gandum, kacang kedelai, ikan dan kerang.

Kerang dibagi menjadi dua kategori, yakni krustasea dan moluska. Krustasea terdiri dari kepiting, lobster, udang karang, dan krill. Jika kategori moluska termasuk cumi-cumi, gurita, kerang, dan tiram.

Dalam frekuensi yang menurun, jenis alergi kerang yang paling umum disebabkan karena udang, kepiting, lobster, kerang, dan tiram. Menurut Food Allergy Research and Education (FARE), sekitar 60 persen orang dewasa cepat mengalami alergi dari kerang.

 (Baca Juga:Berbiaya Rp17 Miliar, Air Mancur Menari "Semarang Bridge Fountain" Seindah di Sungai Han Korea)

Alergi kerang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh merespon protein otot yang disebut tropomyosin yang hadir dalam berbagai jenis kerang. Setelah itu antibodi mulai melepaskan bahan kimia seperti histamin untuk menyerang tropomiosin yang menghasilkan gejala alergi.

Gejala dari alergi kerang menurut American College of Allergy, Asma dan Imunologi adalah, sakit perut, diare, muntah, gangguan pencernaan, gatal-gatal, sesak napas, batuk berulang, bengkak di mulut, pusing, pucat, dan denyut lemah.

Untuk mencegah gejala memburuk, berikut ini ada beberapa solusi yang dapat Anda coba, dilansir dari Boldsky, Selasa (18/12/2018).

 (Baca Juga:6 Langkah Darurat Selamatkan Diri dari Serangan Anjing Pit Bull)

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan dan analgesik. Jika gejala alergi makanan Anda adalah gangguan yang berhubungan dengan perut seperti muntah, mual dan diare, maka jahe adalah rempah-rempah yang dapat membantu. Bisa mengurangi kulit yang gatal dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minum dua hingga tiga cangkir teh jahe selama beberapa hari sampai Anda merasa lega.

 

Lemon dan limau

Lemon dan limau adalah obat rumah yang bagus untuk mengobati alergi kerang. Kehadiran vitamin C dan antioksidan lainnya membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini akan membantu menyingkirkan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Minumlah segelas air lemon dingin setiap hari sampai rasa alergi berkurang.

 (Baca Juga:Ada 1.400 Kasus HIV di Seluruh Lapas Indonesia, Ini Penanganan Pemerintah)

Bawang putih

 

Bumbu ini dapat menurunkan gejala alergi kerang dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Bawang putih adalah makanan antihistamin untuk membantu meredakan gejala alergi seperti kesulitan bernapas, hidung tersumbat, dan bersin. Konsumsi bawang putih akan memperlambat proses reaktif histamin kimia sehingga tidak menjadi parah. Tambahkan bawang putih segar ke dalam sup, semur, dan nasi.

Mengelola alergi kerang

Hal yang paling utama adalah menghindari makanan laut dan berhati-hati ketika mengunjungi restoran. Perhatikan dengan label makanan yang memiliki bahan utamanya seafood. Selalu cek kesegaran ikan dan saus yang mengandung protein ikan-ikan tertentu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini