nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyimpan Smartphone di Kantung Celana Bisa Rusak Kualitas Sperma

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 15:18 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 18 481 1992897 menyimpan-smartphone-di-kantung-celana-bisa-rusak-kualitas-sperma-r3k6GR0VrL.jpg Ilustrasi (Foto: Gadgetsloud)

ANAK merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia. Tentunya setiap pasangan suami istri (pasutri) ingin segera dikaruniai momongan setelah mereka menikah. Seorang anak akan membuat keluarga mereka semakin besar dan hidup dengan harmonis.

Jika berbicara soal anak, tentu saja hal tersebut tidak lepas dari masalah perkawinan. Seseorang wanita akan dinyatakan hamil apabila sperma yang dikeluarkan pria berhasil menembus rahim dan membuahi indung telur.

Akan tetapi saat ini para pria sangat berisiko sekali mengalami kerusakan sperma karena gaya hidupnya yang tidak sehat. Tentunya kualitas sperma yang buruk akan menyebabkan seseorang kesulitan untuk memperoleh keturunan.

 (Baca Juga:Viral Pria Muntilan Nikahi Bule Cantik Asal Inggris, Langsung Banjir Ucapan Selamat!)

Lantas apa sebenarnya kebiasaan buruk apakah yang bisa memengaruhi kualitas sperma seorang pria? Menjawab hal tersebut, dr. Beeleonie,BMedSc, SpOG(K) menjelaskan banyak pekerjaan dan kebiasaan manusia yang secara tidak langsung berdampak pada penurunan kualitas sperma.

 

Dokter Beeleonie menjelaskan mengetahui kualitas sperma bukan berdasarkan banyaknya air mani yang dikeluarkan. Meskipun banyak air mani yang keluar, namun belum tentu di dalamnya mengandung sperma.

“Kualitas sperma berasal dari hormon yang ada di otak. Otak akan memerintahkan testis untuk menghasilkan sperma. Jadi jika otak menerima tekanan dari luar (frustrasi) maka kualitas spermanya akan buruk pula,” tutur dr. Beeleonie, kepada Okezone di kawasan Jakarta Pusat, Senin (18/12/2018).

 (Baca Juga:Mau Makan Siang Pakai Jengkol? Enaknya di 3 Restoran Ini)

Tak hanya frustrasi, penyakit gondongan juga bisa mempengaruhi kualitas sperma seorang pria. Gondongan adalah pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis akibat infeksi virus. Masalah pada saluran pengeluaran sperma serta adanya varises di saluran sperma juga bisa menjadi penyebab lainnya.

Dari segi lifestyle banyak sekali aktivitas yang secara tidak langsung menurunkan kualitas sperma seseorang. Salah satunya adalah kebiasaan menyimpan smartphone di dalam kantung celana. Hal sederhana ini ikut mengambil andil besar yang memengaruhi sperma seorang pria.

“Ternyata ada efek radiasi dari gadget yang memengaruhi kualitas sperma. Bukan hanya handphone tapi juga laptop. Radiasi dari benda elektronik tersebut bisa merusak sperma. Selain itu penggunaan celana dalam yang terlalu ketat juga bisa menjadi penyebab lainnya,” sambungnya.

Kebiasaan merokok juga bisa merusak kualitas sperma di dalam testis. Hubungan seksual terlalu sering atau tanpa disadari mengekspose testisnya ke dekat suhu panas juga turut memegang Andil.

“Rokok adalah musuh utama sperma, selain itu beberapa pekerjaan yang mengekspos suhu panas ke daerah testis contohnya chef yang memasak dekat kompor, atau pembalap sepeda akan memengaruhi kualitas sperma yang mereka miliki,” tutupnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini