nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsumsi Telur Ayam Kampung dan Madu Dapat Mempercepat Kehamilan, Mitos atau Fakta?

Pisca Azalea, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 02:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 18 481 1993068 konsumsi-telur-ayam-kampung-dan-madu-dapat-mempercepat-kehamilan-mitos-atau-fakta-SZ5vHOMrvB.jpg Telur ayam kampung dan madu mempercepat kehamilan? (Foto: Youtube)

SETELAH menikah dengan pasangan, salah satu momen yang tentunya ditunggu-tunggu dalam kehidupan kita yakni mempunyai seorang anak yang lucu dan menggemaskan untuk mengisi dan menambah kebahagian.

Namun masih banyak yang tidak sesuai dengan harapan, banyak di luar sana pasangan yang sulit untuk memiliki anak. Jika sudah begitu banyak para orang tua, saudara, atau teman yang mengusulkan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat menunjang kehamilan.

Salah satunya mungkin Anda pernah mendengar untuk mengkonsumsi telur ayam kampung dan madu. Mitos atau fakta ya mengkonsumsi ayam kampung dapat menunjang kehamilan?

 BACA JUGA:

BPOM Musnahkan Obat Ilegal Senilai Rp5,5 Miliar Jelang Akhir Tahun

“Saya mengutip dan menjawab berdasarkan penelitian dan jurnal yang baru-baru ini dipublikasi, jadi sebenarnya nutrisi yang menunjang kehamilan yang pertama yakni asam folat, sudah tidak jaman lagi hamil mendadak, hamil itu sudah harus dipersiapkan 3 bulan sebelum kehamilan, kedua bisa mengkonsumsi whole grain seperti gandum, dan yang terakhir omega 3. Omega 3 tidak hanya dari mengkonsumsi telur bisa dari ikan juga,” ujar dr. Beeleonie, BmedSc, SpOG(K), saat dijumpai okezone pada acara “Overview dan Outlook Penanganan Gangguan Kesuburan di Indonesia”, Menteng, Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

Memang dalam mempersiapkan kehamilan, tentunya kita akan berusaha mencari asupan nutrisi atau suplemen yang tepat untuk dikonsumsi. Seperti yang dikatakan dr. Beeleonie asam folat, whole grain, dan omega 3 menjadi nutrisi penunjang kehamilan, mengapa?

 DNA sendiri adalah materi genetik makhluk hidup. Jadi, dapat dibayangkan betapa pentingnya asupan asam folat ini.

Hal itu karena asam folat atau folic acid merupakan bentuk sintetik dari vitamin B9 yang sangat diperlukan dalam sintesis DNA. DNA sendiri adalah materi genetik makhluk hidup. Jadi, dapat dibayangkan betapa pentingnya asupan asam folat ini.

Suplementasi asam folat juga sudah terbukti dapat menurunkan kejadian gangguan ovulasi. Untuk mengkonsumsi asam folat ini dosis yang dianjurkan adalah 400-800 mcg per hari. Dengan dosis tersebut, sudah terbukti dapat mencegah kejadian neural tube defect pada janin. Jadi kesimpulannya, asupan asam folat dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan dan mempertahankan kehamilan dengan menurunkan angka keguguran.

Sedangkan whole grain merupakan karbohidrat dengan low glycemic index yang juga mengandung suatu komponen yang dinamakan lignan. Lignan inilah yang dapat berperan sebagai hormon aktif dalam meningkatkan fungsi reproduksi.

Selain lignan, whole grain juga mengandung zat- zat lain yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan dan anti oxidant. Ternyata asupan whole grain sebelum kehamilan dapat meningkatkan angka kelahiran hidup.

 BACA JUGA:

12 Pasangan Zodiak yang Bakal Langgeng, Best Couple Banget!

Jadi, dengan mengkonsumsi telur ayam kampung dan madu memang ada hubungan nutrisi untuk menunjang kehamilan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini