nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuma Mitos Naik Sepeda Bikin Sperma Jelek, Juga Sederet Mitos Lainnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 19:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 18 485 1993026 cuma-mitos-naik-sepeda-bikin-sperma-jelek-juga-sederet-mitos-lainnya-wjFD17xUnJ.jpg Naik sepeda bikin sperma rusak hanya mitos (Foto:Integris)

DENGAN kecepatan arus teknologi seperti sekarang, informasi memang begitu mudah dan cepat untuk diperoleh.

Saking banyak dan cepatnya arus informasi yang diterima, terkadang malah menjadi membuat bingung sebetulnya mana yang hanya merupakan mitos isapan jempol belaka dan mana yang memang fakta.

Salah satunya perihal sperma, seputar kesuburan kaum Adam. Jadi penasaran kan sebetulnya apa saja sih mitos dan fakta seputar sperma kaum pria? Melansir Intergrisok, Selasa (18/12/2018) ini dia uraian singkat beberapa mitos dan fakta seputar sperma.

(Baca Juga: Viral Pria Muntilan Nikahi Bule Cantik Asal Rusia, Langsung Banjir Ucapan Selamat)

(Baca Juga: 10 Negara dengan Populasi Wanita Cantik Terbanyak di Dunia)

1. Mitos soal usia :

Mitos menyebutkan bahwasanya usia tidak memengaruhi kesuburan pria. Faktanya kualitas sperma pria menurun seiring bertambahnya usia loh! Meskipun usia wanita sangat penting untuk kesuburan dan paling banyak dibicarakan, usia pria juga penting. Waktu rata-rata untuk kehamilan jika seorang pria berusia di bawah 25 adalah lebih dari empat setengah bulan tetapi hampir dua tahun jika seorang pria berusia di atas 40 tahun. Ada peningkatan lima kali lipat dalam waktu yang dibutuhkan untuk hamil jika pria tersebut di atas 45 tahun.

2. Hot tubs dan sauna :

Soal mitos satu ini, dikatakan sebetulnya memang ada kebenaran. Paparan suhu tinggi, seperti di mandi berendam di bak air panas atau sauna dapat menyebabkan suhu testis menjadi terlalu panas. Nah, hal ini bisa membunuh sperma dan menurunkan jumlah sperma. Namun, efek ini hanya bersifat sementara, dan hitungan akan kembali normal setelah hot tub dihindari.

3. Suhu panas dari laptop dapat merusak sperma :

Sayangnya perihal mitos ini, dikatakan memang telah terbukti merusak jumlah sperma, seperti penjelasan menurut Fertility and Sterility Journal. Selain itu, jika laptop Anda memiliki koneksi nirkabel yang dihidupkan, itu dapat menyebabkan kerusakan DNA dan kurang motilitas dalam sperma. Untuk amannya ketika sedang dalam program hamil, letakkan laptop di atas meja atau meja.

4. Infertilitas pria bersifat genetik :

Mitos yang beredar, yang namanya infertilitas pria itu tidak diwariskan secara genetik. Namun, ada beberapa kondisi turun-temurun yang dapat menyebabkan infertilitas. Kondisi ini adalah kondisi kromosom yang dapat memengaruhi produksi sperma seperti sindrom Klinefelter, penghapusan kromosom Y dan masalah genetik lainnya, seperti Down Syndrome.

5. Bersepeda buruk untuk sperma :


Tenang, sejauh ini baru mitos kok! Sebab, sejauh ini disebutkan tidak ada data yang kuat untuk mendukung mitos bahwa bersepeda buruk untuk kesuburan. Satu studi yang dilakukan dengan variabel ekstrem pada laki-laki dua jam sehari bersepeda di medan berbatu dengan kursi sepeda yang sempit mungkin mengalami lebih banyak infertilitas daripada yang lain. Namun, untuk pengendara sepeda biasa dengan kursi sepeda biasa, bersepeda dianggap sebagai suatu kegiatan yang baik-baik saja.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini