Wow Ada Celana Tahan Api dan Air, Bisa Dipakai hingga 1 Abad!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 19 194 1993557 wow-ada-celana-tahan-api-dan-air-bisa-dipakai-hingga-1-abad-nWMZEN28yk.jpg Celana tahan air dan api bisa dipakai hingga 1 abad (Foto: Odditycentral)

Merogoh kocek senilai Rp9,4 juta untuk sepasang celana mungkin bukan ide yang bagus, bahkan bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk pembosoran. Apalagi jika benda tersebut bukan berasal dari merek fesyen terkenal.

Tapi bagaimana jika celana itu bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat panjang? Apakah Anda masih tertarik untuk membelinya? Konsep inilah yang diusung oleh Volleback, sebuah clothing brand. Mereka mengklaim berhasil merancang celana yang dapat bertahan setidaknya hingga 1 abad.

Salah satu pendiri Volleback, Steve Tidball, mengatakan bahwa perusahaan benar-benar menjamin kualitas produk tersebut, karena mereka menggunakan bahan-bahan terbaik untuk memproduksinya. Secara teknis, “100 Years Pants” terbuat dari 3 lapis material yang didesain khusus untuk menahan berbagai ancaman (threats).

Lapisan terluar dirancang tahan air dan abrasi, lapisan kedua diklaim dapat menahan api dan bisa mengembang seperti airbag pada suhu tingi. Dengan kata lain, lapisan tengah ini menjadi penghalang antara kaki dan api. Sementara pada lapisan ketiga, terbuat dari material aramid fiber, sebuah nilon-sintetis yang tidak dapat terbakar atau meleleh sehingga menawarkan perlindungan ekstra.

“Kebanyakan pakaian tahan api terbuat dari bahan yang berat, tidak nyaman, dan sarat bahan kimia. Produk kami menggunakan material ‘cerdas’ pertama di dunia yang dapat dipakai dengan nyaman setiap hari,” kata salah seorang pendiri Volleback, Nick Tidball.

Celana 1 Abad

“Awalnya, celana ini dirancang untuk membantu para tentara dalam menangani situasi paling ekstrem tanpa harus mengenakan pakaian seperti petugas pemadam kebakaran,” sambungnya.

Namun jika ditelisik dari namanya, apakah benar celana ini benar-benar bisa bertahan selama kurang lebih 1 abad, terlebih jika konsumen sering memakainya? Volleback ternyata melakukan serangkaian uji coba termasuk menyangkut ketahanan abrasi. Cara pengujiannya pun terbilang unik, benda mekanik akan digosokkan pada kain sampai seratnya mulai terlihat pecah.

Celana

Kain polyester biasa dilaporkan hanya dapat bertahan sekitar 25.000 putaran, sementara bahan inovatif yang digunakan Volleback dapat bertahan lebih dari 100.000 putaran. Mereka juga mengklaim tidak ada satu pun serat yang rusak pasca uji coba tersebut.

100 Years Pants juga diklaim sangat nyaman dikenakan, karena dirancang sesuai dengan postur tubuh si pemakai. Tak heran jika Volleback mengklaim bahwa celana ini cocok untuk semua jenis kegiatan, mulai dari mendaki gunung hingga yoga, serta bisa dikenakan untuk acara santai. Demikian dilansir Okezone dari OddityCentral, Rabu (19/12/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini