nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebayang Enaknya Makan Siang Pakai Soto Kaki Sapi, Ini 4 Rekomendasinya

Blenda Azaria, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 11:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 19 298 1993286 kebayang-enaknya-makan-siang-pakai-soto-kaki-sapi-ini-4-rekomendasinya-Uf0ugK62jn.jpg Soto kaki sapi (Foto:Ilustrasi/Imgrade)

KETIKA terpikir menu untuk makan siang, banyak pilihan yang terlintas di pikiran kita. Mulai dari bakso, nasi Padang, mie ayam, sate, atau pun soto.

Soto merupakan hidangan lezat yang bisa diolah sedemikian rupa. Ada soto ayam, soto daging, soto ceker, mau pun soto kaki sapi.

Olahan kuliner berkuah yang bisa disajikan dalam berbagai variasi ini memang sangat cocok disantap untuk makan siang. Dalam cuaca mendung nan dingin, soto kaki sapi memang cocok sebagai makanan penghangat tubuhmu. Namun dalam cuaca panas pun soto kaki sapi juga cocok sebagai pengisi perut yang akan membuat bulir-bulir keringat mengucur di pelipismu.

(Baca Juga: Deretan Cuitan Netizen tentang Pernikahan Pria Muntilan dan Wanita Inggris yang Dianggap Luar Biasa, Julidan yang Mana?)

(Baca Juga: Potret Seksi Polly Alexandria dalam Balutan One Piece Swim)

Nah, untuk itu, Okezone telah mengumpulkan rekomendasi tempat yang menjual soto kaki sapi di kawasan Jakarta yang bisa kamu cicipi untuk makan siangmu!

Soto Kaki Sapi Mencos H. Sarnadi

Olahan soto Betawi milik H. Sarnadi ini cukup terkenal di daerahnya. Memiliki kuah kental berwarna kuning kecokelatan, soto ini dibanderal seharga Rp35.000 – Rp40.000. Warung soto ini sudah berdiri sejak tahun 60-an ini terletak di Jl. Percetakan Negara No. 2C, Senen, Jakarta Pusat.

 

Bukan dipresto, rahasia empuknya daging sapi dalam soto ini adalah dengan direbus cukup lama menggunakan bumbu rempah sehingga menghasilkan tekstur daging jadi empuk nan kenyal dan rasanya juga meresap.

Ditambah dengan potongan buah tomat segar yang dicampur dalam kuah soto, perasan jeruk nipis, dan irisan acar, soto kaki sapi ini makin terasa lezat! Apalagi dengan tambahan emping, kerupuk pink, dan irisan daun bawang, dijamin soto ini siap menggoyang lidah siapa pun yang menyantapnya!

Soto Kaki Sapi H. Agus

Bagi kamu soto lovers yang tinggal di kawasan Jaksel, mungkin kamu bisa datang ke warung soto milik H. Agus ini. Warung kaki lima ini terletak di Jalan Barito I, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Walau terletak di pinggir jalan, cita rasa soto ini sudah dibuktikan banyak orang lho!

 

Selain soto kaki sapi, kamu juga bisa menemukan sum-sum, jeroan, bahkan sop daging di sini. Berkisar dari harga Rp 28.000 – 56.000, warung soto ini jarang sepi pengunjung.

Soto Kaki & Daging Sapi Bogor H. M. Effendi

Kuliner soto kaki sapi selanjutnya berada di Jl. Dr. Saharjo No.7, RT.1/RW.5, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan. Soto ini tersedia dalam dua jenis kuah: kuah santan yang gurih dan kuah bening. Apa pun jenis kuahnya, pastinya tetap enak!

 

Selain soto kaki dan daging sapi, kamu juga bisa menemukan soto babat, soto paru, sate ayam, dan sate kambing di warung ini. Untuk bias mencicipi hidangan soto ini, kamu hanya perlu mempersiapkan uang sekitar Rp80.000 untuk dua orang.

Soto Kaki Sapi Babe Jamsari

Warung soto yang terletak di Jalan Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat ini telah berdiri sejak 1975. Buka setiap hari Senin – Sabtu mulai pukul 10 pagi hingga 6 sore, warung soto ini tidak pernah sepi dari pembeli. Apalagi pada jam istirahat makan siang, mungkin kamu harus rela mengantri untuk mendapatkan tempat duduk di sini. Soto ini dijual dengan kisaran harga Rp25.000 – Rp35.000.

Satu hal yang membuat soto ala Babe Jamsari ini berbeda dari soto dari warung lain adalah dengan adanya tambahan susu sebagai penikmat rasa dalam kuahnya. Susu ini ditambahkan sebagai pengganti santan kelapa yang selalu hadir dalam olahan soto Betawi.

 

Warung ini sudah membuka beberapa cabang lain yang mungkin bisa kamu tandangi. Ada cabang Jl. Raya Pos Pengumben, cabang Jl. Puri Indah Kembangan, dan cabang Jl. Puri Kencana.

Selain soto kaki sapi, kamu juga bisa menemukan berbagai macam olahan soto lainnya seperti soto ayam, babat, daging, dan kikil. Bahkan, santapan khas Betawi seperti gado-gado dan karedok juga tersedia di sini, lho!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini