nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa Kopi Bubuk Bisa Terbakar?

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 14:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 19 298 1993402 kenapa-kopi-bubuk-bisa-terbakar-pTBJLWLAUB.jpg Ilustrasi bubuk kopi (Foto: Boldsky)

BADAN Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) menegaskan bahwa temuan bubuk kopi krimer mudah tersulut bila dikenai api, tidak berarti produk tersebut berbahaya untuk kesehatan.

Faktanya, bukan cuma bubuk kopi krimer saja yang mudah tersulut bila dikenai api melainkan juga bahan pangan lain di sekitar kita. Sebut saja terigu, kopi bubuk, merica bubuk, cabai bubuk, kopi instan, putih telur, sisu bibuk, pati jagung, biji-biji-an, dan kentang.

“Ini bukan berarti bahan tersebut berbahaya atau tidak aman dikonsumsi,” demikian pernyataan resmi BPOM RI melalui siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (19/12/2018).

BPOM menyebut, bahan pangan semacam kopi krimer, dan lainnya dapat terbakar karena berbentuk serbuk, ringan dan berpartikel halus serta mengandung minyak. Juga memiliki kadar air yang rendah. Akibatnya mudah terbakar dan menyala.

Intinya, produk pangan yang memiliki rantai karbon atau ikatan antaratom karbon, kadar air rendah utamanya yang berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar atau menyala jika disulut dengan api.

(Baca Juga: Potret Seksi Polly Alexandria dalam Balutan One Piece Swim)

(ful)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini