nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Pakai Sunblock Tapi Kulit Masih Belang? Begini Cara Tepat Menggunakannya!

Hanizha Fatma, Jurnalis · Rabu 19 Desember 2018 19:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 19 611 1993461 sudah-pakai-sunblock-tapi-kulit-masih-belang-begini-cara-tepat-menggunakannya-I3wK1go1c9.jpg Kulit terbakar akibat paparan sinar matahari (Foto: Theodysseyonline)

KEBANYAKAN orang mengira bahwa SPF menunjukan seberapa lama tabir surya itu bertahan. Namun, ada pula yang mengatakan kamu perlu memakainya kembali setiap satu atau dua jam. Banyak asumsi mengatakan jika menggunakan tabir surya SPF 15, berarti akan terlindungi selama 150 menit.

Sedangkan jika menggunakan SPF 100 berarti 1000 menit, yang bahkan jika cuaca tidak terlalu panas akan melindungimu sepanjang hari. Lalu kenapa harus memakainya setiap satu atau dua jam? Dilansir dari Live About berikut penjelasannya.

 BACA JUGA:

5 Zodiak Ini Tergolong Malas Punya Anak, Pacar Kamu Termasuk Gak?

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan tabir surya untuk menjadi efektif seperti seharusnya. Yang pertama adalah hampir semua orang tidak mengaplikasikannya dengan cukup. Selain itu setelah memakai tabir surya, kebanyakan orang langsung berkeringat atau masuk ke kolam renang.

Sebenarnya, tabir surya tidak tahan air. Jika kamu menghabiskan banyak waktu di luar, berkeringat, atau berada di air, memakainya hanya sekali tidak akan melindungimu dari paparan sinar matahari. Itulah alasan mengapa kamu perlu memakai tabir surya setiap 1 sampai 2 jam.

Semua jenis tabir surya kan mengatakan bisa bertahan ketika berada di dalam air atau terken air selama 80 menit. Begitu banyak orang mengenakannya dengan SPF yang tinggi dam memakainya beberapa kali di siang hari. Tetapi setelahnya mereka terbakar sinar matahari.

 BACA JUGA:

5 Manfaat Hujan-hujanan, Harus Dicoba Sekali-Sekali

Jadi, pastikan untuk menerapkan tabir surya dengan cukup sebelum pergi beraktifitas diluar ruangan. Agar kulitmu terlindungi dengan benar. Sebagai tambahan kamu bisa mengenakan topi dan kacamata. Selain itu kamu juga bisa mengaplikasikan dibagian belakang leher, dan bagian telinga. Juga mengaplikasikannya maksimal 2 jam sekali sebelum meninggalkan rumah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini