nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Punya 6 Brand, Yuk Pelajari Cara Rosie Rahmadi Buat Busana Muslim

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 11:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 20 194 1993781 sudah-punya-6-brand-yuk-pelajari-cara-rosie-rahmadi-buat-busana-muslim-Lms69rDcGO.jpg Ilustrasi Busana Muslim. (Foto: Shutterstock)

TIDAK pernah ada kata terlambat untuk belajar. Sebab tidak ada ilmu yang sia-sia. Ilmu sekecil apapun dapat memberikan manfaat di masa depan. Mungkin inilah yang dialami oleh seorang fashion designer bernama Rosie Rahmadi.

Telah memiliki bisnis di bidang fashion tidak membuatnya berhenti belajar. Dia memutuskan untuk menempuh pendidikan di Islamic Fashion Institute(IFI) untuk memperdalam pengetahuannya.

Ditemui Okezone dalam gelaran fashion show di Bandung, Jawa Barat baru-baru ini, Rosie mengungkapkan manfaat yang didapatkannya setelah menempuh pendidikan di sekolah khusus fashion Muslim.

“Saya menjadi paham untuk mencari inspirasi dan tentang mood board yang dijadikan panduan untuk membuat koleksi. Selain itu saya juga belajar sketsa, styling, dan mengenal 7 kaidah busana muslim. Semuanya membuka wawasan lebih luas lagi,” ungkap Rosie.

Baca Juga: Seksinya Penampilan Polly Alexandria, Bule Inggris yang Dinikahi Pria Muntilan

Menurutnya, untuk membuat busana Muslim ada kaidah-kaidah yang harus ditaati. Pertama, busana harus longgar sehingga menutup bukan membungkus. Kedua, warna tidak mencolok sehingga tidak menarik perhatian orang banyak.

“Terus, tidak ada motif makhluk hidup seperti manusia, binatang, dan lain sebagainya. Tidak menyerupai lambang simbol agama tertentu, tidak menerawang, tidak menyerupai pakaian laki-laki, dan tidak menjadi pakaian kesombongan," katanya.

"Mengenai hal ini saya juga sempat berkonsultasi dengan ustad lulusan Mesir dan semuanya itu memang ada di Alqur-an,” terang Rosie.

Hingga saat ini dirinya telah memiliki 6 brand yang dijual di pasaran. Masing-masing brand memiliki target market dan ciri khasnya tersendiri. Adapun keenam brand tersebut antara lain Gadiza, RR, Little Tallulah, WarnaHitam, Azzahra Indonesia, dan Kamarae.

Baca Juga: Viral Jawaban Bocah Mengenai Hari Kiamat, Netizen: "Ini yang Jawab Masuk Neraka lewat Jalur Prestasi"

Pada fashion show yang baru saja dilakukan, Rosie menampilkan koleksi terbaru dari brand WarnaHitam. Busana yang ditampiilkan berjumlah 6 buah dan menyasar para jamaah haji maupun umroh. Selain itu, ada makna filosofis dari busana tersebut.

“Ciri khas dari busana ini cutting abaya-abaya longgar. Lalu saya menggunakan teknik macramé, jadi ada 234 tali kerajinan yang sering dijadikan hiasan dinding di jalin untuk diterapkan ke baju. Dengan teknik menjalin tali ini harapannya alumni terus menjalin silaturahmi,” terang Rosie.

Lantas, bagaimana dia terus mencari inspirasi untuk mengembangkan keenam brandnya?

“Kata orang ‘kan tantangan seniman tergantung mood, jadi kalau saya untuk mendisiplinkan diri mengelola 6 brand, mau ada show, event atau tidak tetap membuat koleksi. Dalam satu tahun buat 2 tema besar spring summer, fall winter," kata dia.

"Anak-anak saya juga senang menggambar dan arahkan untuk wajib membuat satu sketsa sehingga jadi tabungan untuk saya. Mencari inspirasi bisa dari hal-hal kecil yang penting menajamkan indra,” pungkas Rosie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini