nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mampir di Magetan, Presiden Jokowi Promosikan Pecel Madiun, Sate Ponorogo dan Karak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 20 Desember 2018 23:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 20 298 1994132 mampir-di-magetan-presiden-jokowi-promosikan-pecel-madiun-sate-ponorogo-dan-karak-Z7p26Yjpui.jpg Ilustrasi pecel (Foto: Utami Riyani/ Okezone)

PRESIDEN Joko Widodo tidak bosan-bosannya mempromosikan kuliner Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. Baru-baru ini, pria asal Solo itu tertangkap kamera sedang mempromosikan tiga kuliner khas Jawa Tengah antara lain, pecel madiun, sate ponorogo, dan karak.

Selidik punya selidik video berdurasi kurang dari 1 menit tersebut diunggah langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat rombongan sedang beristirahat di rest area Magetan. Pada awal video, Jokowi terlihat mengangkat sepiring kerupuk karak yang dibantu oleh sang istri tercinta Iriana Jokowi.

“Setelah menyantap Pecel Madiun, dan Sate Ponorogo, nah, ini juga ada karak. Kita ingin agar rest-rest area di jalan tol ini diisi oleh produk-produk lokal, diisi oleh kuliner-kuliner lokal. Semuaya enak kok,” tutur Jokowi.

 (Baca Juga:Momen Seru Jokowi dan Yenny Wahid Menyeruput Kopi Robusta di Madura)

Di akhir video, wajah Ganjar tampak tertawa bahagia saat melihat orang nomor satu di Indonesia itu ikut mempromosikan kuliner yang ada di wilayahnya. Hingga berita ini dituliskan, sudah lebih dari 34 ribu orang yang menyaksikan video unggahan Ganjar. Tak sedikit pula netizen yang memberikat komentar uniknya. Bahkan ada yang sampai membagikan resepnya loh.

Karak dari nasi wadang di kukus di kasih bleng terus di tumbuk sampai halus dan padat. Dinginkan terus di iris-iris, kemudian dijemur, setelah kering di goreng,” tulis akun @lustya_ningrum.

 

karak terbuat dari nasi terus dicampur dengan tepung tapioka jangan lupa ditambahi bumbu bawang putih + garam agar lebih enak. habis itu dikukus kembali. setelah itu diplenet menggunakan cetakan karak. dikeringkan. kalau sudah kering bisa digoreng,” tulis @pupusffw_

 (Baca Juga:Makan Rawon Enak di Jakarta, Ini 5 Rekomendasinya untuk Makan Siang)

Pak yang jelas sinar matahari berperan untuk terjadinya kriuk karak. Kalau nggak ada, namanya jamur karak,” canda seorang netizen.

Ada juga netizen yang gagal fokus melihat aksi Jokowi dan Iriana.

Kok aku senyum-senyum sendiri pak ngeliatnya, wkwkwk,” tulis akun @ogell20

Bener-bener deh pakde. Tidak lupa untuk promosi produk lokal. Hati-hati dan pikirannya selalu untuk memajukan negeri. Pak, jangan lupa jaga kesehatan. Terima kasih pak Ganjar, saya terenyuh,” tulis akun @f24nk1

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini