nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Antimony hingga Hidrokinon, 7 Kandungan "Haram" di Kosmetik

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 15:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 21 194 1994393 antimony-hingga-hidrokinon-7-kandungan-haram-di-kosmetik-JPQQruLG7a.JPG 7 Kandungan Ini Diharamkan untuk Ada di Kosmetik (Foto: Cityweekend)

TANPA kosmetik, penampilan wanita tentu tidak cantik. Namun Anda harus berhati-hati saat memilih kosmetik yang aman, juga harus menghindari bahan "haram".

Di penghujung tahun 2018, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menyita banyak merek kosmetik ilegal yang beredar di pasaran, juga media sosial. Anda mesti waspada dengan merek-merek kosmetik tidak jelas, apalagi kalau produknya impor dari luar negeri.

Okezone bakal mengulas beberapa bahan "haram" dalam kosmetik yang bahaya dampaknya untuk kesehatan. Berikut ini ulasannya, dirangkum Jumat (21/12/2018).

 BACA JUGA:

Gemini hingga Pisces, 5 Zodiak yang Nasib Cintanya Selalu Apes

Antimony

BPOM RI menarik produk kosmetik dari Korea Selatan karena mengandung bahan berbahaya antimony. Kepala BPOM RI Penny K Lukito mengatakan, senyawa antimony pada kosmetika biasanya digunakan sebagai pigmen pewarna gelap. Jika terpapar ke kulit, senyawa tersebut dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan, gangguan pencernaan dan dapat bersifat karsinogenik.

 

Pewarna berbahaya

Penny menambahkan, beberapa merek kosmetik yang beredar di Tanah Air juga diketahui mengandung pewarna berbahaya. Biasanya terdapat pada item lipstik, eye shadow atau perona pipi. Tak sedikit kosmetik yang mengandung pewarna berbahaya seperti Rhodamin B, Merah K3, hingga Merah K10. Waspadai, bahan tersebut merupakan pewarna sintetis untuk tekstil, kertas dan tinta.

Merkuri

Sering sekali kita mendengar bahwa beberapa kosmetik mengandung merkuri. Jangan main-main dengan benda tersebut, karena dampaknya bisa mengganggu kesehatan saraf otak, merusak ginjal, sampai menyebabkan diare. Umumnya, kosmetik yang mengandung merkuri tersebut berupa krim, lotion atau lipstik.

"Lama-lama kalau sering dipakai bahayanya dapat memicu zat karsinogenik," ucap Penny, lewat siaran pers yang diterima Okezone.

 

Hidrokinon

Kandungan hidrokinon biasanya berupa zat reduktor yang mudah larut dalam air. Sayangnya, kalau dipaparkan terus-menerus ke kulit dapat menyebabkan kerusakan kulit. Anda bisa mengalami perubahan warna kulit yang gelap. Biasanya kandungan hidrokinon tersebut ada pada krim pemutih, lotion, sampai cat rambut.

Asam Retinoat

Beberapa orang saat jerawatan justru memilih obat jerawat instan yang dioleskan ke wajah. Padahal obat tersebut meski sangat membantu mengusir jerawat, sayangnya mengandung asam retinoat. Justru kalau Anda memakainya bisa memicu kulit kering sampai iritasi, yang pasti tidak nyaman.

Timbal

Waspada ya Ladies, penggunaan kosmetik yang mengandung timbal bisa menyebabkan gangguan penyakit kardiovaskular. Sebelum itu, memakai kosmetik dengan tambahan timbal dapat menurunkan fungsi ginjal. Biasanya timbal ada pada kosmetik berupa krim, bedak, lipstik, dan beberapa produk lainnya yang kerap dipakai oleh kaum hawa.

 

BACA JUGA:

BPOM Musnahkan Ribuan Obat dan Kosmetik Ilegal, Termasuk yang Dijual Online

Haram karena mengandung babi

Pada kosmetik ternyata tidak hanya mengandung bahan "haram" atau yang dilarang karena identik dengan kandungan bahan kimia. Tetapi juga ada beberapa jenis kosmetik yang mengandung babi, pastinya dilarang untuk umat Muslim. Biasanya merek-merek kosmetik impor yang rentan dengan bahan tersebut. Untuk itu, Anda harus cek kehalalan produk kosmetiknya dan terdaftar BPOM serta ada sertifikasi MUI yang sudah meyakinkan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini