nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Duta Wastra Nusantara, Andien Aisyah Rebutan Kain dengan Turis Asing di Sumba

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 19:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 21 194 1994460 jadi-duta-wastra-nusantara-andien-aisyah-rebutan-kain-dengan-turis-asing-di-sumba-rqGtHYuR33.jpg Andien Aisyah jadi Duta Wastra Nusantara (Foto: @andienaisyah/Instagram)

Andien Aisyah, nama penyanyi cantik ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Mengawali karir sebagai penyanyi jazz, Andien Aisyah terus melebarkan sayapnya di industri hiburan Tanah Air.

Sederet prestasi gemilang telah berhasil diraih Andien. Bukan hanya sekadar penghargaan di bidang tarik suara, sepanjang tahun 2018, Andien telah didapuk menjadi Duta Persahabatan Indonesia – Jepang, dan baru-baru ini ia terpilih menjadi Duta Wastra Nusantara.

Andien pun sempat menceritakan awal kecintaannya terhadap wastra Nusantara saat menghadiri Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Pariwisata 2018, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis 20 Desember 2018.

“Dulu waktu kecil, sejujurnya mungkin kecintaan saya terhadap wastra Nusantara belum tumbuh. Liat orang mengenakan batik kok kaya gak keren, ada yang pakai kain tenun kok terkesan jadul dan tua. Apalagi kalau kondangan,” tutur Andien.

Namun seiring berjalannya waktu, ketika ia sering menyanyi ke luar kota, kecintaannya terhadap wastra Nusantara pun semakin menjadi-jadi. Terlebih lagi setelah ia menyadari bahwa kain tradisional Indonesia sebetulnya memiliki desain yang lebih eksotis, elegan, dan unik dibandingkan busana-busana modern saat ini.

Andien

(Foto: @andienaisyah/Instagram)

Andien bahkan tak ragu-ragu menyambangi langsung lokasi-lokasi pengrajin kain tradisional yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Momen keseruan Andien saat berburu kain tradisional bisa disaksikan pada akun YouTube channelnya.

“Saya penyanyi yang memiliki jiwa influencer. Saya ingin ketika datang ke suatu tempat, orang-orang juga akan tertarik ke sana. Bisa dibilang mengaja mereka secara implisit dengan menikmati apa yang saya bagikan di media sosial. Traveling ini menjadi hobi tersendiri, karena saya ingin menikmati keindahan alam sekaligus kainnya,” tegas Andien.

andien aisyah

(Foto: @andienaisyah/Instagram)

Kecintaannya terhadap wastara Nusantara juga sempat diwarnai pengalaman yang tak terlupakan. Salah satunya ketika ia harus berebutan kain dengan wisatawan mancanegara ketika sedang berlibur di Sumba.

“Saya pernah rebutan kain sama orang luar negeri. Misalnya, ke Sumba. Pernah rebutan sama bule. Jadi, main tawar-tawaran. Kemarin ke Maumere juga rebutan sama orang Jepang," tukas penyanyi lagu Metamorfosa itu.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini