nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Makna Hari Ibu Bagi Kaum Milenial? Mama Yo Punya Jawabannya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 10:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 21 196 1994259 apa-makna-hari-ibu-bagi-kaum-milenial-mama-yo-punya-jawabannya-bbGAK0mB51.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERINGATAN Hari Ibu jatuh setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya memang dirayakan banyak pihak. Tapi jangan hanya merayakan, setiap kalangan harus mengetahui makna di baliknya, terlebih dari sisi peranan seorang perempuan.

Meski eranya milenial, banyak orang masih memperingati hari bersejarah ini. Bahkan ada makna khusus yang tersirat pada Peringatan Hari Ibu ke-90, tepat di tahun 2018.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise mengatakan, perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh jalan panjang dalam mewujudkan peran sesungguhnya. Ini bahkan jadi momentum yang membuat perempuan harus bisa mengoreksi kekurangan dan kelemahan yang dihadapi.

Baca Juga: Duh, Baru Menikah Pria Muntilan dan Polly Alexander Harus Hadapi Cobaan

"Kaum perempuan Indonesia harus memperjuangkan peranan dan kedudukannya dalam kancah kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkap Mama Yo, lewat siaran pers yang diterima Okezone.

Mama Yo menambahkan, perempuan masa kini mestinya sadar dan memahami hak dan kewajiban, yang sama dengan laki-laki. Artinya, dalam membangun sebuah keluarga, peran perempuan kurang lebih sama dengan laki-laki.

Sebab, perempuan dan laki-laki adalah partner, sekaligus sumber daya manusia yang menentukan keharmonisan sebuah keluarga. Apalagi dalam hal mendidik anak-anaknya supaya bisa hidup mandiri dan bahagia.

Baca Juga: Viral Jawaban Bocah Mengenai Hari Kiamat, Netizen: "Ini yang Jawab Masuk Neraka lewat Jalur Prestasi"

Mama Yo menyebutkan, Peringatan Hari Ibu di Indonesia pertama muncul 22 Desember 1928 di Yogyakarta, melalui hasil Kongres Perempuan. Hakekatnya dapat mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna Peringatan Hari Ibu.

"Pada dasarnya ini adalah sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan. Khususnya dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini