nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Ragam Panggilan Ibu di Indonesia

Risda Nadiva, Jurnalis · Minggu 23 Desember 2018 01:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 21 196 1994544 mengenal-ragam-panggilan-ibu-di-indonesia-YR4q148GNU.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SELAIN dikenal karena kekayaan budaya, Indonesia juga memiliki segudang keunikan untuk memanggil orang tua, khususnya ibu. Mengutip berbagai sumber, panggilan ibu sangat beragam di Indonesia.

Ibu

Kalau sebutan yang satu ini memang sudah mainstream di Indonesia. Selain menjadi panggilan pada ibu kandung, ‘ibu’ juga sering dilontarkan pada semua wanita.

Mama/ mamak

Banyak juga anak-anak memanggil ibunya dengan sebutan mama, apalagi jika Anda pernah berkunjung ke kawasan Indonesia Timur. Namun, panggilan ‘mama’ lebih khusus dipanggil untuk ibu kandung. Ternyata, kata ‘mama’ sebelum dekade 90-an sering digunakan oleh golongan orang menengah.

 

Mami/ mommy

Istilah mami identik dengan anak elit, bahkan kita sering mendengar istilah ‘anak mami’ yang berarti anak manja. Eh jangan salah lho, kata mami itu berasal dari mommy yang merupakan panggilan anak pada ibunya di negara Barat. Lihat saja, saat ini banyak anak aktris/ aktor memanggil ibunya dengan panggilan ini.

 (Baca Juga:Hari Ibu, Simak Sifat Emak-Emak Berdasarkan Zodiak)

Bundo/ bunda/ mandeh

Bagi masyarakat Sumatra Barat, mereka menyebut ibunya dengan panggilan bundo. Kemudian, sebutan ini dikembangkan jadi ‘bunda’ pada bahasa Indonesia. Istilah bunda lebih merujuk pada sifat keibuan, jago dalam segala hal, dan berhati malaikat.

 

Emak/ nyak

Anda pernah menonton film Si Doel Anak Betawi? Pasti sering dong mendengar panggilan ‘mak nyak’ ibunya si Doel? Nah, ini adalah salah satu panggilan khas Betawi. Sayangnya, tidak sedikit anak enggan memanggil ibunya dengan sebutan ini. Padahal salah satu budaya bahasa kita lho.

Mimi

Wah, jadi ingat mimi peri nih? Eits, bukan loh. Mimi ini sebenarnya adalah panggilan unik selain kata mama agar terkesan gaul dan terdengar imut. Panggilan ini pernah juga disematkan pada pasangan yang kini telah berpisah, Krisdayanti-Anang Hermansyah. Anaknya, Aurel menyebut ibu kandungnya dengan sebutan 'mimi'.

 (Baca Juga:Apa Makna Hari Ibu Bagi Kaum Milenial? Mama Yo Punya Jawabannya)

Umi

Berasal dari bahasa Arab, umi menjadi salah satu panggilan anak kepada ibunya. Memang, kata ‘umi’ lekat dengan sebutan ‘bunda’, selain kesannya keibuan, sebutan umi tidak hanya perfect di dunia, tapi juga di akhirat loh.

 

Ambu/ amih/ indung

Apakah Anda pernah mendengar nama panggilan kepada ibu yang satu ini? Kalau belum, sebutan ini berasal dari daerah Sunda. Meski masih ada beberapa orang yang menyebut ibunya menggunakan kata ini, makna ambu lebih bermakna dalam, seperti sosok ibu yang kuat.

 

Biyang/ memek

Walaupun terdengar sedikit aneh, panggilan kepada ibu ini sering terdengar di Bali. Jadi, jangan salah fokus ya dengan sebutannya.

Oma/ omak

Sebenarnya oma itu sebutan untuk nenek atau kepada ibu sih? Di Batak Toba, panggilan ini justru ditujukan kepada ibu kandung.

Mace

Tidak aneh bagi masyarakat Papua menyebut ibunya dengan sebutan ini. Kedengarannya unik juga ya dan gaul.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini