nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Kenapa Ibu Masih Manjakan Anaknya yang Sudah Dewasa, Siap-Siap Baper!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 21 196 1994577 alasan-kenapa-ibu-masih-manjakan-anaknya-yang-sudah-dewasa-siap-siap-baper-2iO5S50vcs.jpeg Ibu selalu manjakan anaknya meski sudah dewasa (Foto:

Sadar atau tidak, orangtua masih memperhatikan Anda sekali pun sudah dewasa bahkan berkeluarga. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Hal sepele untuk bisa membuktikan pernyataan tersebut adalah orangtua Anda masih menyempatkan waktu menelepon di malam hari setelah Anda pulang bekerja. Atau orangtua Anda masih suka mengirimkan pesan singkat berisi ucapan semangat menjalani hari dan "jangan lupa tetap beribadah".

Sikap ini mungkin bagi Anda sepele, bahkan dianggap berlebihan. Sebab, Anda merasa bahwa Anda sudah dewasa dan bisa menjaga diri dengan baik. Tapi, siapa sangka sikap seperti ini berarti besar untuk seorang ibu.

Seperti yang dijelaskan Psikolog Meity Arianty, STP., M.Psi., hal ini berkaitan dengan sikap kebanyakan ibu yang insecure.

"Makin anaknya dewasa yang artinya mampu lebih mandiri, ibu akan merasa perannya hilang, jadi ada perasaan takut nggak berguna lagi bagi anak-anaknya, merasa tidak dapat membantu anaknya lagi, merasa tidak berfungsi, sehingga yang mereka lakukan adalah tanpa sadar "membuat dirinya berfungsi" dengan melakukan tugas-tugas yang sebenarnya tidak perlu lagi," papar Psikolog Mei pada Okezone melalui pesan WhatsApp, Kamis malam 20 Desember 2018.

Ibu dan Anak

Psikolog Mei menjelaskan juga bahwa agak susah untuk pihaknya mencari alasan logis mengapa ibu sulit menghilangkan "kebutuhan" akan pengakuan itu.

Ya, seorang ibu butuh peran sebagai ibu, sekali pun Anda sudah dewasa, atau bahkan sudah jadi presiden, tetap ibu akan membutuhkan perannya sebagai ibu.

"Itu sebabnya ibu akan sangat senang dan bahagia kalau anak-anaknya minta tolong disiapkan makanan, menyiapkan baju, atau pertolongan lainnya yang biasanya diminta si anak," ujar Psikolog Mei.

Sebab, dengan begitu ibu akan merasa masih memiliki peran tersebut dan masih menjadi kebutuhan yg penting bagi si ibu sendiri. Begitulah efek psikologisnya.

"Anggaplah semua yang dilakukan ibu adalah untuk menunjukkan kasih sayang ke anak-anaknya tanpa batas dan hal itu sudah sepatutnya disyukuri setiap anak," tambah Psikolog Mei.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini