Ini Cara Menyantap Hidangan Suki Thailand yang Tepat

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 21 Desember 2018 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 21 298 1994536 ini-cara-menyantap-hidangan-suki-thailand-yang-tepat-isRp3Ok4EG.jpg Suki Thailand (Foto: misstamchiak)

DI Indonesia begitu banyak kuliner makanan asing yang masuk, di mana beberapa di antaranya sudah cukup familier dengan lidah orang Indonesia. Sebut saja salah satunya hidangan suki, sajian kuah rebusan.

Biasanya disantap bersama aneka suki yang terbuat dari seafood, aneka jamur dikombinasikan bersama aneka sayur-sayuran. Mulai dari bayam, jagung, sawi putih, pokcoy, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mendengar kata hidangan suki, biasanya yang terlintas di pikiran kebanyakan orang adalah hidangan suki ala Singapura dengan kuah bercita rasa asam dan pedas, dan juga suki ala Jepang. Eits, tapi jangan salah. Negara Gajah Putih pun punya hidangan suki, yang mana bahan-bahannya kurang lebih sama dengan hidangan suki ala Jepang ataupun Singapura.

 

 (Baca Juga:Presiden Jokowi Makan Soto Ayam Ponorogo Plus Karak, Bikin Yuk Buat Makan Malam)

Lalu sebetulnya, seperti apa sih cara makan hidangan suki ala Thailand yang tepat agar cita rasanya bisa sempurna tanpa cela?

“Dasarnya suki itu kan hidangan rebusan, jadi ya daging-dagingan termasuk ayam dan sapi itu sebaiknya dipanggang atau di-grill. Suki–sukiannya direbus bersama sayuran. Langkah yang tepat adalah memasukkan sayur terlebih dahulu, terutama yang tipe punya batang keras baru kemudian semua jenis suki,” jelas Sobari, Head Kitchen dari Nahm Thai Suki & BBQ saat dijumpai Okezone, Jumat (21/12/2018) di Summarecon Mal Serpong, Tangerang Selatan.

Sobari melanjutkan, untuk waktu merebus, secara standar ideal adalah dua menit untuk sayur-sayuran. Mengingat sayuran hadir dengan tekstur batang yang cukup keras, maka dari itu perlu untuk dimasukkan terlebih dahulu ketimbang suki.

 (Baca Juga:Sensasi Menyantap Nasi Kapau di Tanah Minang, Ada Rahasia Wajib Anda Tahu!)

“Waktu rebus ideal, sekitar dua menit saja, lihat dulu juga tekstur sayurnya. Ini takaran waktu untuk tipe sayuran yang punya batang agak keras, contohnya brokoli. Cara masak suki yang benar itu bagusnya memang sayuran dulu, kalau suki duluan yang ada nanti khawatirnya suki-suki tersebut terlalu empuk teksturnya jadi enggak enak,” tambahnya.

Terakhir, untuk soal kuah perlu diperhatikan ternyata selama ini kebanyakan orang Indonesia masih sering belum tepat untuk memasak hidangan suki karena tidak terlalu memperhatikan soal kuah. Cara memasak yang tepat adalah memasukkan sayuran dan suki, ke dalam kuah rebusan yang sudah mendidih agar cita rasanya tetap terjaga.

“Dimasukkin pas kuah sudah mendidih, kalau tidak mendidih kan kuahnya belum matang, takutnya jadi masuk ke sari sayur dan suki, nanti rasa kuahnya jadi beda,” pungkas Sobari.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini