nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPOM Musnahkan Ribuan Obat dan Kosmetik Ilegal, Termasuk yang Dijual Online

Jum'at 21 Desember 2018 09:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 21 481 1994240 bpom-musnahkan-ribuan-obat-dan-kosmetik-ilegal-termasuk-yang-dijual-online-HueoUosFzK.jpg Ilustrasi kosmetik. (Foto: Shutterstock)

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia dalam temuannya di lapangan memusnahkan 2.045 item produk ilegal yang dijual oleh masyarakat termasuk di sarana penjualan online selama 2018, Kamis (20/12).

Barang-barang yang disita BPOM tersebut didominasi oleh produk kosmetik dan obat tradisional ilegal, dengan rincian 1.071 item (52,35%) kosmetik ilegal dan 576 item (28,15%) obat tradisional ilegal.

Dua ribuan item produk itu senilas 8,1 miliar rupiah dan termasuk kategori obat dan makanan ilegal/tanpa izin edar dan/atau yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, dan mutu di Bandung.

Baca Juga: Duh, Baru Menikah Pria Muntilan dan Polly Alexander Harus Hadapi Cobaan


Selain kosmetik dan obat tradisional, produk yang dimusnahkan juga terdiri dari Obat Keras yang diedarkan di sarana ilegal sebanyak 365 item (17,89 %), produk pangan ilegal dan mengandung bahan berbahaya (formalin dan boraks) sebanyak 24 item (1,17 %), dan produk suplemen kesehatan sebanyak 9 item (0.44 %).

Selama tahun 2018 BBPOM di Bandung telah memproses 21 perkara pro-justitiadengan rincian 8 perkara di bidang obat, 6 perkara di bidang kosmetik, 4 perkara di bidang obat tradisional, dan 3 perkara di bidang pangan.

“Tak henti kami tegaskan kepada pelaku usaha untuk menaati standar dan peraturan terkait aspek keamanan, manfaat, dan mutu obat dan makanan. Jika pelaku usaha terbukti melakukan pelanggaran, terlebih dahulu akan kami bina agar selanjutnya dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan,” ujar Kepala BPOM RI, Penny K. Lukito.

Baca Juga: Viral Jawaban Bocah Mengenai Hari Kiamat, Netizen: "Ini yang Jawab Masuk Neraka lewat Jalur Prestasi"

Image result for kosmetik ilegal shutterstock, okezone

Namun, jika pelaku usaha terbukti melanggar peraturan dengan sengaja dan terus menerus melanggar, BPOM, kata Penny tak segan menindak dan menegakkan hukum agar pelanggaran diberi hukuman yang setimpal.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini