nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Ria Deviana Si Perempuan Hebat!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 15:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 22 196 1994793 kisah-ria-deviana-si-perempuan-hebat-c6VG9gG3VR.jpg Ria Deviana (Foto: Sukardi/Okezone)

MENJADI manusia yang bisa berguna untuk kehidupan ini mungkin mimpi banyak orang seperti Ria Deviana dan Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa bahwa hidup di dunia ini punya makna.

Sosok Ria Deviana bisa menjadi tauladan bagi banyak orang. Sekali pun dia memiliki keterbatasan fisik, hal itu sama sekali tidak menyurutkan dirinya untuk bisa berguna untuk manusia lain, khususnya pada disabilitas.

Duduk di kursi roda tidak kemudian menyurutkan semangat Ria sama sekali. Saat berbincang singkat dengan Okezone di Perayaan Hari Ibu (PHI) Ke-90 di Bukittinggi, Ria bahkan tidak terlihat berbeda. Perempuan ini bahkan luar biasa.

Ria menjadi perempuan di Sumatera Barat yang berhasil menginspirasi dan memotivasi perempuan lain untuk bisa memeningkatkan peran perempuan dalam pembangunan bangsa. Apresiasi ini diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Menteri Yohana yang langsung memberikan penghargaan itu.

Mengetahui kisah hidup Ria bisa menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Sebab, perempuan ini adalah sosok yang memperjuangkan hak-hak disabilitas di Bukittinggi, Sumatera Barat.

Pada Okezone, Ria coba menceritakan bagaimana aksi yang sudah dia lakukan dan bagaimana hasilnya sejauh ini. "Persoalan aksesibility menjadi salah satu hal yang saya vokalkan. Pemerintah sebetulnya sudah ada perhatian, tapi belum standar disabilitas. Lalu, teman-teman kita disabilitas belum terlalu terespon ke depannya," papar Ria pada Okezone, Sabtu (22/12/2018).

Ketua Dewan Perwakilan Cabang Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Bukittinggi itu berharap bahwa kedepannya ada perhatian untuk disabilitas agar mereka setara dengan teman-teman lain.

"Mereka itu mampu, namun karena terlambat dari teman-teman lainnya, itu yang membuat mereka sedikit telat dari yang lain," tegas Ria.

Dia juga berharap bahwa semoga pemerintah Bukittinggi benar-benar memperhatikan disabilitas dan juga semakin memberdayakan para disabilitas. "Karena kami mampu dan bisa jika dikasih kesempatan. Insya Allah," ungkap Ria dengan bangga.

Lalu, apa aksi Ria sejauh ini?

Di Bukittinggi, terang Ria, dia sedang menyusun Ranperda dan di daerah ini (Bukittinggi, Red) juga sedang merevitaslisasi kota sesuai standar disabilitas.

Selain itu, dia dan timnya juga sedang menyusun program kedepannya agar teman-teman disabilitas bisa diterima di sekolah inklusi.

"Di sini sudah ada, tapi masih ada aturan yang sebenarnya kalau saya runut ke belakang waktu jaman saya sekolah dulu, malah lebih inklusi jaman dulu kita. Makanya kami ingin Pemerintah Bukittinggi menyiapkan guru pendamping di sekolah inklusi dan mempelajarai lagi sekolah inklusi itu seperti apa," kata Ria.

(Baca Juga: Jangan Sepelekan Emak-Emak Berdaster, Kalau Sudah Dandan Kelar Hidup Lo!)

Bagaimana hasilnya?

"Alhamdulillah, kan saya bergabung di sini baru 2 tahun berjuang, Alhamdulillah Pemda Bukittingggi, dalam hal ini DPRD udah mengapresiasi Ranperda disabilita. Kemudian, perhatian pemerintah juga semakin besar untuk disabilitas, makanya revitalisasi kota, termasuk taman kota, beberapa sudah ramah disablitas. Tapi belum semuanya. Ini akan terus berkembang," papar Ria dengan ramah.

Kemudian, apa sebetulnya mimpi terbesar Ria?


"Saya ingin sekali adik-adik saya bisa setara dengan teman-teman yang lain, bia diterima di masyarakat. Tidak lagi dipandang kasihan, tapi dipandang mampu karena mereka mampu jika mereka dikasih kesempatan," kata Ria.

Dia juga berharap bahwa Pemerintah bisa membuka lapangan pekerjaan bagi disabilitas. Lalu, pemerintah juga diharapkan bisa memberikan pelatihan-pelatihan bagi disabilitas.

"Ini semua agar kami bisa setara dengan teman-teman lainnya," ucap Ria Deviana lantas tersenyum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini