nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Ibu, Yuk Kenang 8 Pengorbanan Utama Mereka untuk Kita

Alma Dwi, Jurnalis · Sabtu 22 Desember 2018 20:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 22 196 1994871 hari-ibu-yuk-kenang-8-pengorbanan-utama-mereka-untuk-kita-JQ8uZoTrHx.jpg Ibu dan Anak. (Foto: QZ)

PEPATAH mengatakan “Kasih sayang Ibu sepanjang masa, kasih sayang anak sepanjang galah”, tentu masing-masing orang tidak asing dengan pribahasa tersebut. Ya, kasih ibu memang tidak terbatas, tidak lekang oleh masa, dan selalu abadi. Rasanya, segala hal rela dilakukan seorang ibu untuk kebaikan anak-anaknya.

Ibu rela mempertaruhkan nyawanya dan mengorbankan hidupnya demi buah hati yang sangat dicintainya. Ibu akan melakukan apa saja demi kebahagiaan anaknya, demi anaknya tumbuh besar, dan demi tercukupi segala kebutuhannya. Walaupun itu harus mengorbankan semua yang ia miliki.

Okezone pun merangkum berbagai sumber, beberapa pengorbanan besar yang dilakukan ibu untuk memenuhi kebutuhan anaknya.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Emak-Emak Berdaster, Kalau Sudah Dandan Kelar Hidup Lo!


1. Mengandung selama 9 bulan

Selama sembilan bulan ibu selalu membawa anaknya ke manapun ia pergi. Tanpa pamrih ibu rela dan ikhlas membawa beban berat yang ada di perutnya.

Dia belajar untuk menahan sang anak yang masih berada di dalam perutnya sementara dia harus tetap membersihkan rumah, makan atau saat dia tertidur. Anak merasa nyaman dipelukannya, dia tahu hal itu, sehingga ia pun akan memeluknya sesering dan selama yang anak butuhkan.


2. Mempertaruhkan nyawanya saat melahirkan

Perjuangan dan pengorbanan seorang ibu semakin besar ketika melahirkan. Entah melahirkan secara normal maupun secara sesar tetap saja ibu akan merasakan sakit yang luar biasa.

Rasanya tidak ada satu kata pun yang bisa menggambarkan bagaimana perjuangan ibu ketika melahirkan buah hatinya ke dunia. Bahkan ibu tidak peduli sekalipun nyawa adalah taruhannya. Ia hanya menginginkan anaknya bisa lahir dengan sehat dan sempurna tanpa kekurangan.

Baca Juga: Potret Akrabnya Single Mom Seksi Garneta Haruni dan Putri Imutnya

3. Pengorbanan ketika menyusui

Saat wanita menyusui, sebenarnya ia adalah pihak yang dikorbankan sekalipun manfaat besarnya lebih banyak dirasakan oleh bayi. Salah satu yang merugikan perempuan yang menyusui adalah kemampuan otaknya, fokus mental turun, ibu menjadi loyo dan tidak fokus dalam berfikir.

Selain itu, tak semua ibu dapat melalui proses menyusui dengan mudah. Seringkali, menyusui butuh pengorbanan besar dari sang ibu. Namun bagaimana pun sulitnya, setiap ibu pasti rela melalui segala halangan ini karena menyusui adalah suatu keputusan besar yang menuntut tanggung jawab.

4. Mengesampingkan kebutuhan dirinya sendiri

Seorang ibu akan selalu mengutamakan anaknya. Dia pergi tanpa makan, tanpa mandi, dan tanpa tidur. Dia selalu mencoba untuk memenuhi semua kebutuhanmu dibandingkan kebutuhan dirinya sendiri.

Dia akan menghabiskan sepanjang harinya untuk memenuhi kebutuhan anak, dan pada akhirnya, ia tidak akan memiliki energi untuk mempersiapkan semua kebutuhannya. Dan di hari berikutnya, dia akan bangun dan melakukannya lagi, karena anak sangat berarti untuknya.

5. Rela menahan lapar asal anaknya bisa makan

Seorang ibu seringkali mengurungkan niatnya untuk menyantap potongan kue terakhir dan memilih memberikan pada anaknya. Hal ini sengaja ia lakukan karena ibu tahu bahwa memberikan untuk anaknya jauh membuatnya bahagia. Bahkan, ibu rela menahan lapar asalkan anaknya bisa makan dengan lahap. Ini bukti cinta bahwa setiap ibu ingin anak-anaknya selalu bahagia dan tumbuh dengan ceria.

6. Merawat anaknya yang sakit

Ketika anak sakit, hati ibu pun sakit. Ibu akan melakukan pertolongan pertama sebaik mungkin ketika tahu anaknya sakit. Misalnya jam berapa pun itu, ketika sang anak sakit, seorang ibu tanpa pikir panjang akan segera membawa anaknya ke dokter untuk diperiksa. Demi menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak, keadaan apapun rela dihadapi oleh ibu.

7. Demi memberikan yang terbaik, ibu rela bekerja amat keras

Menjadi seorang ibu memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Di tengah-tengah keterbatasan yang ibu miliki, ia ingin selalu terlihat sempurna di mata anak-anaknya. Segala sesuatu pun akan ibu lakukan agar sang anak tidak kecewa.

Misalnya, memberikan hadiah terbaik untuk anaknya, walaupun ia harus bekerja siang malam atau bahkan tidak tidur. Ia ingin melihat anaknya tersenyum bahagian dengan apa yang sudah ibu berikan.

8. Berhenti mengejar cita-cita demi merawat anak

Banyak ibu yang rela bekerja siang malam, namun tak sedikit juga ibu yang berhenti mengejar cita-citanya demi merawat anak dan menjadi ibu rumah tangga seutuhnya. Hal itu dilakukan agar bisa menyaksikan langsung perkembangan anak dan memastikan bahwa anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik dan mendapat kasih sayang yang sempurna.

Itulah bentuk-bentuk pengorbanan ibu untuk anaknya. Sebesar apapun pengorbanan ibu, tidak akan bisa terbayar walau dengan nominal uang berapa pun. Ibu tidak pernah berharap apapun karena baginya, anaknya adalah segalanya.

Nah, di momen Hari Ibu ini sudahkah kamu memeluknya sembari mengucapkan terima kasih dan rasa sayang pada ibu tercinta? Selamat Hari Ibu!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini