nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lezatnya Ayam Bekakak Khas Cilegon, Rasanya Khas dan Super Nikmat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 23 Desember 2018 04:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 22 298 1994889 lezatnya-ayam-bekakak-khas-cilegon-rasanya-khas-dan-super-nikmat-sVn7oQtXqh.jpg Ayam Bekakak (Foto: Instagram ayambekakaksunda)

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Indoensia meluncurkan Buku Peta Kuliner Trans Jawa.

Dalam kata pengantar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, berharap agar buku ini dapat menjadi salah satu referensi dalam mencari info kuliner yang dilalui masyarakat saat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa.

Jalan Tol Trans Jawa sendiri adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa, termasuk menghubungkan dua kota terbesar di Indonesia yakni, Jakarta dan Surabaya. Selain itu ada beberapa kota lain yang dilewati seperti Cikampek, Purwakarta, Cirebon, Pejagan, Pemalang, Batang, Semarang, Solo, Ngawi, Nganjuk, dan Mojokerto.

Uniknya, di sepanjang Tol Trans Jawa juga terdapat banyak kekayaan kuliner dengan cita rasa yang khas dan berbeda-beda di setiap daerah.

Nah, jika dalam waktu dekat ini Anda hendak melakukan perjalanan darat menggunakan Jalan Tol Trans Jawa, Okezone telah merangkum 3 rekomendasi hidangan lezat yang wajib Anda jajal ketika beristirahat atau melewati kota Cilegon. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dirangkum dari buku Peta Kuliner Trans Jawa.

Ayam Bekakak


Kota Cilegon merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Banten, Indonesia, Letaknya berada di ujung barat laut pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Selain dikenal sebagai kota Industri dan kota penghasil baja, Cilegon juga memiliki beragam kuliner tradisional lezat. Salah satunya adalah ayam bekakak.

Ayam bekakak memang sudah terkenal sebagai satu di antara kuliner nusantara yang memiliki rasa khas dan nikmat. Ayam bekakak ini merupakan olahan ayam utuh yang cara masaknya dengan dibakar, lalu diungkep dengan racikan bumbu manis.

Di Jawa Barat sendiri, ayam bekakak umumnya disajikan pada hari-hari istimewa, misalnya pada acara sunatan atau pernikahan. Bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan ayam bekakak di Serang, Anda bisa datang ke Jl. Raya Kranggot, Jombang Wetan, Kota Cilegon, Banten.

Nasi Gonjleng

Pada dasarnya, kuliner ini memiliki bumbu yang mirip dengan nasi kebuli. Ciri khas nasi gonjleng terletak pada aroma pekak dan kapulaganya yang sangat menggoda. Hidangan tersebut biasanya disajikan dengan acar dan emping.

Nah, asal usul nama nasi gonjleng sebetulnya sangat menarik. Disebut nasi gonjleng karena nasi dimasak dan dinikmati beramai-ramai pada malam hari oleh para peronda. Nasi gonjleng biasanya dihidangkan dengan daging kerbau, sapi, kambing atau ayam. Keseluruhan proses memasak itulah disebut dengan istilah gonjlengan.

Rumah Bu Entin

Bagi para pencinta kuliner Nusantara, wajib banget mampir ke Rumah Makan Ibu Entin ketika sedang berlibur atau lewat di daerah Banten. Tidak usah jauh-jauh ke Labuan, cabangnya juga ada kok di luar Kota Serang.

https://www.her.ie/life/spotlight-on-lets-talk-about-sex-6-things-every-woman-should-try-in-the-bedroom-at-least-once-260823

Menu seafood menjadi andalan dari rumah makan ini. Pilihannya pun relatif beragam, ada olahan gurame bakar yang lezat hingga otak-otak nan gurih untuk oleh-oleh.

(Baca Juga: Jangan Sepelekan Emak-Emak Berdaster, Kalau Sudah Dandan Kelar Hidup Lo!)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini