nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Profil Ibunda Pemimpin Indonesia, Perjuangan yang Keras hingga Kisah Cinta Kelam

Risda Nadiva, Jurnalis · Minggu 23 Desember 2018 15:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 12 23 196 1995110 profil-ibunda-pemimpin-indonesia-perjuangan-yang-keras-hingga-kisah-cinta-kelam-ZkeXRvswPW.jpg Ibunda Jokowi dan kisah ibu pemimpin Indonesia lainnya (Foto:Okezone/berbagaisumber)

BANYAK pemimpin Indonesia yang sukses pencapaiannya sehingga dihormati oleh seluruh rakyatnya. Terlepas dari itu, ke tujuh pemimpin bangsa Indonesia tetap tunduk pada kedua orang tuanya, terutama pada sang ibu.

 Jangan Sepelekan Emak-Emak Berdaster, Kalau Sudah Dandan Kelar Hidup Lo!

Melansir berbagai sumber, Okezone akan mengulas profil singkat sosok ibu para pemimpin Indonesia dihimpun dari berbagai sumber Minggu, (23/12/2018)

 4 Penampilan Seksi Kimmy Jayanti, Istri Resmi Greg Nwokolo

Ida Ayu Nyoman Rai

Ida Ayu atau biasa dipanggil keluarganya dengan sebutan Srimben dilahirkan pada 1881 dan keturunan bangsawan Bali. Sebelum menikah dengan ayahanda Soekarno, Raden Sukemi, ternyata ia memiliki kisah cinta yang kelam.

 Ida Ayu Nyoman Rai.jpg

Ini terjadi karena kedua orang tua Ida Ayu tidak merestui hubungannya karena perbedaan suku, agama, dan bukan berdarah biru. Namun, perjuangan cinta mereka tidak berakhir, hingga melahirkan sosok pemimpin bangsa Indonesia yang pertama, Soekarno pada 6 Juni 1901.

Sukirah

Kisah suram juga tak kalah menyedihkannya dari ibunda Soeharto. Berawal dari sebuah perjodohan, hidup Sukirah bukannya bahagia malah selalu diliputi kepedihan. Pernikahannya dengan Kertosudiro hancur, lantaran suaminya seorang penjudi.

Karena sudah tidak tahan, Sukirah memutuskan untuk bercerai dan perebutan hak asuh anak pun terjadi, Soeharto kembali ke pelukan ibunda. Namun, karena berbagai pertimbangan akhirnya Soeharto jatuh di tangan adik sang ayah yang siap menanggung segala biaya pendidikannya hingga sukses menjadi presiden Indonesia kedua.

 

R.A. Tuti Marini Puspowardojo

Berbeda dari kedua ibunda presiden Indonesia yang memiliki latar belakang masalah percintaan. Tuti adalah seorang wanita yang dibesarkan dalam lingkungan intelektual. Sejak dini beliau sudah ditanamkan nilai tradisi dan keagamaan dan kuat, Tuti juga mengenyam pendidikan di Hogere Burger School.

Ibu dari mantan presiden B.J Habibie ini kehidupan pernikahannya aman saja, sampai melahirkan kedelapan putra-putrinya. Meskipun dua dari delapannya memiliki keistimewaan menurutnya, yaitu Rudy (panggilan B.J Habibie) dan Fanny (Junuf Effendy). Namun, ia tidak pernah membedakan semua anaknya.

Tuti justru memberikan pendidikan dan teladan yang baik pada semua anaknya. Terlebih sang suami Alwi Abdul Jalil Habibie, meninggal dunia. Bahkan, ia rela membiayai pendidikan semua anaknya, termasuk B.J. Habibie hingga menjadi sosok pemimpin yang cerdas, terutama dalam dunia penerbangan Indonesia.

 

Solichah

Sosok Gus Dur yang dikenal sebagai sosok yang beragama nan santai ini memiliki ibunda yang begitu kuat mengemban tanggung jawabnya setelah ditinggal mati suaminya, Kiai Wahid Hasyim.

Hasil gambar untuk Solichah
 

Beliau adalah seorang pemegang agama yang taat, terbukti dari kedekatannya dengan keluarga besar Tebuireng dan Denanyar di Jombang. Meskipun janda, Solichah tidak menyerah, ia justru tertantang untuk tinggal di kerasnya Ibu Kota demi mewujudkan cita-cita mendiang suami agar mendidik anak-anaknya sama cerdasnya dan beragama.

 

Fatmawati

Istri dari Presiden pertama Soekarno ini memiliki kehidupan semasa kecil yang sulit. Namun, di balik itu jarang ada yang tahu kalau Fatmawati adalah keturunan bangsawan dari Kerajaan Indrapura Mukomuko.

Bernama asli Fatimah yang berasal dari Bengkulu, ia juga merupakan wanita yang menjahit bendera merah putih untuk pertama kali. Sejak masa sekolah beliau menyukai kegiatan organisasi. Fatmawati pertama kali bertemu Soekarno saat dipindahkan tempat pengasingannya dari Flores ke Bengkulu. Beliau menikah pada 1943 dan memberikan 5 anak, salah satunya Megawati Soekarnoputri yang menjadi Presiden RI wanita yang pertama.

Siti Habibah

Banyak orang yang mengira kalau sosok Siti Habibah adalah ibu kandung Soesilo Bambang Yudhoyono. Sesungguhnya, beliau adalah ibu sambung yang kini tinggal di Blitar.

Sujiatmi Notomihardjo

Ibu dari Presiden ketujuh Joko Widodo ini tumbuh sederhana dari dulu. Keluarganya bekerja sebagai tukang kayu di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali.

Hasil gambar untuk Sujiatmi Notomiharjo

Meskipun ia merupakan perempuan satu-satunya dalam keluarga, tapi ia tidak pernah dibedakan. Uniknya, kala di usianya yang masih berumur 16 tahun menikah muda dengan Widjiatno, yang selisih umurnya hanya 3 tahun. Mereka menikah pada 23 Agustus 1959 meskipun keduanya belum tamat sekolah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini